Menu Tutup

Karya Tulis Sederhana Bahasa Indonesia kelas 9

Penulisan karya tulis sederhana

Karya tulis sederhana – Karya tulis erat kaitannya dengan dunia pendidikan dan dunia penelitian. Pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba membahas mengenai materi pelajaran bahasa Indonesia tentang penulisan karya tulis yang baik dan benar. Di bangku sekolah kerap dijumpai jenis karya tulis sederhana yang dibuat oleh siswa ketika melakukan penelitian, seperti berkunjung ke suatu tempat kemudian mengamati dan meneliti apa yang mereka lihat. Setelah itu dituangkan dalam sebuah tulisan berbentuk karya tulis sederhana. Berikut akan penulis rangkum beberapa contoh karya ilmiah bahasa indonesia.

Pengertian karya tulis sederhana

Karya tulis berasal dari dua kata yaitu karya dan tulis. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) karya diartikan sebagai pekerjaan, hasil perbuatan, buatan, dan ciptaan (hasil karangan). Sedangkan kata tulis diartikan sebagai huruf atau angka yang dibuat dengan pena (pensil, cat, dan sebagainya), bersurat (yang sudah disetujui), yang ada tulisannya. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa karya tulis adalah hasil karangan dalam bentuk tulisan atau karangan yang mengetengahkan hasil pikiran, hasil pengamatan, tinjauan, dalam bidang tertentu dan disusun secara sistematis.

Jenis-jenis karya tulis

Karya tulis dibagi menjadi beberapa macam, diantaranya adalah:

  • Karya tulis ilmiah. Dwiloka (2005:2) menyatakan bahwa karya tulis merupakan suatu hasil pemikiran dari seorang ilmuan yang ingin mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang diperoleh melalui kepustakaan, kumpulan pengalaman, penelitian, dan pengetahuan orang lain sebelumnya.
  • Karya tulis non-ilmiah adalah sebuah karangan yang menyajikan fakta pribadi tentang suatu pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, bersifat subjektif, tidak didukung dengan fakta-fakta umum, dan menggunakan gaya bahasa yang popular (tidak terlalu formal).
  • Karya tulis ilmiah populer adalah jenis karya tulis yang menggunakan bahasa yang populer sehingga lebih mudah dipahami oleh masyarakat dan menarik untuk dibaca.

Ciri-ciri karya tulis

Setiap karya tentu memiliki ciri khas tersendiri. Begitupula dengan karya tulis yang juga memiliki ciri-ciri, antara lain:

Karya tulis ilmiah

  • Bersifat logis, yaitu apabila suatu data, argumen, dan penjelasan yang dikemukakan dapat diterima oleh akal.
  • Bersifat sistematis, yaitu setiap permasalahan yang diuraikan disusun secara teratur, runtut, dan tidak tumpang tindih.
  • Bersifat objektif, yaitu apabila suatu alasan, keterangan, ataupun penjelasan dikemukakan sesuai  keadaan aslinya.

Karya tulis non ilmiah

Karya tulis non-ilmiah memiliki beberapa ciri-ciri diantaranya adalah ditulis berdasarkan fakta pribadi, fakta yang disimpulkan bersifat subyektif, gaya bahasa yang digunakan adalah bahasa konotatif dan populer, tidak memuat hipotesis, penyajiannya disertai dengan sejarah, bersifat imajinatif, situasi yang terjadi di dalamnya bersifat dramatisir, dan bersifat persuasif.

Karya tulis populer

Karya tulis populer memiliki ciri-ciri khusus yang terdapat didalamnya yaitu menggunakan bahasa baku yang tercermin dari pilihan kata atau istilahnya, sikap penulis dalam karya ilmiah adalah obyektif, komponennya bervariasi sesuai dengan jenisnya, dan struktur sajian karya ilmiah sangatlah ketat, yang terdiri dari bagian awal, bagian inti, dan bagian penutup.

Kerangka penulisan karya tulis sederhana

HALAMAN JUDUL

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I Pendahuluan

  1. Latar Belakang Masalah
  2. Rumusan dan pembatasan masalah
  3. Tujuan penelitian
  4. Manfaat penelitian

BAB II Landasan Teori

  1. Kajian Pustaka
  2. Kerangka berpikir

BAB III Metodologi Penelitian

  1. Tempat dan waktu penelitian
  2. Jenis penelitian
  3. Sumber data

BAB IV Pembahasan

  1. Analisis Data
  2. Pembahasan Masalah
  3. Mengolah Data

BAB V Penutup

  1. Kesimpulan
  2. Saran

DAFTAR PUSTAKA

INDEKS

Contoh-contoh karya tulis  

Berikut telah dirangkum beberapa contoh-contoh judul dari macam-macam karya tulis, antara lain:

1.Contoh karya ilmiah remaja

2. Contoh karya ilmiah populer

3. Contoh karya ilmiah formal

4. Contoh karya ilmiah semi formal

Itulah beberapa contoh karya ilmiah lengkap semoga dapat dijadikan sebagai acuan sebelum membuat sebuah karya ilmiah. Untuk mempermudah pemahaman kalian tentang penulisan contoh karya ilmiah singkat dan benar. Awali dengan membuat judul yang menarik dan memikat para pembacanya. Beberapa contoh judul karya ilmiah antara lain adalah “Asal-usul Ilmu Fisika”, “Emosi Dan Spiritual Manusia”, “Budidaya Tanaman Bonsai”, dan lain sebagainya. Mau mengasah pemahaman kalian mengenai penulisan karya tulis ilmiah? Yuk belajar di bimbel seventh education. Di bimbel SE kalian akan dibimbing untuk menulis karya tulis secara benar dan tepat.

Lusiani Monalisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook
Instagram
WhatsApp WhatsApp us