Menu Tutup

Alur Novel Yang Terkandung Dalam Novel Populer

Memahami alur yang terkandung dalam sebuah novel

Alur novel – Dalam sebuah cerita di berbagai macam karya sastra tulis seperti novel, cerpen, dan naskah tentu memiliki unsur pembangun dari dalam yang biasa disebut dengan unsur intrinsik dan dari luar biasa disebut dengan unsur ekstrinsik. Karya sastra berbentuk cerita yang bertujuan untuk menghibur pembaca, seperti novel memiliki beberapa alur yang perlu kalian ketahui. Alur merupakan salah satu poin yang terdapat dalam unsur intrinsik novel. Tahukah kamu apa itu alur? Alur adalah sebuah rangkaian tahapan dari jalan cerita yang ada pada sebuah karya tulis seperti novel, cerpen, dan naskah. Biasanya alur yang sering digunakan oleh para penulis adalah alur maju dan alur mundur. Kali ini penulis akan mengupas tuntas dan mencoba untuk jelaskan tahapan alur dalam novel. Simak tahapan-tahapan dari alur novel di bawah ini!

Tahapan tahapan alur novel

Sebuah novel akan terasa lengkap apabila didalamnya terdapat beberapa tahapan yang mencakup lima bagian penting. Contoh tahapan alur novel antara lain:

  • Perkenalan, merupakan tahap yang memperkenalkan berbagai macam tokoh yang terdapat dalam cerita. Selain memperkenalkan tokoh, penulis juga memperkenalkan tema latar yang diambil, seperti ranah pedesaan ataupun perkotaan.
  • Munculnya masalah, pada tahap ini pengarang cerita menunjukkan masalah yang akan dihadapi oleh tokoh utama yang di desain sedramatis mungkin, guna untuk membuat pembaca penasaran dengan tahap kisah selanjutnya.
  • Menuju konflik, setelah masalah muncul maka akan timbul konflik di dalamnya. Konflik ini terjadi antara tokoh utama atau protagonis dan tokoh antagonis.
  • Ketegangan, tahap ini adalah inti dari sebuah cerita dimana tokoh utama berada pada permasalahan yang sangat menegangkan.
  • Penyelesaian, setelah melewati puncak masalah, maka selanjutnya pengarang akan membawa pembaca pada tahap penyelesaian. Tahap inilah yang akan menentukan cerita happy ending atau sad ending.

Macam macam alur

Apabila dilihat dari kronologisnya, maka alur atau plot dapat dikelompokkan menjadi tiga macam, yaitu alur maju, alur mundur, dan alur campuran. Berikut penjelasan lengkapnya:

Alur maju

Pada alur ini pengarang menyajikan jalan cerita yang beruntutan dari tahap pengenalan hingga tahap penyelesaian. Alur cerita ini dikemas secara runtut dan terperinci, agar pembaca tidak bingung dalam memahami isi cerita. Berikut tahapannya: Pengenalan -> konflik -> klimaks -> antiklimaks -> penyelesaian

Alur mundur

Alur mundur merupakan jalan cerita yang disampaikan secara tidak berurutan. Setelah pengarang menyampaikan cerita dari tahap konflik menuju penyelesaian, kemudian akan kembali menceritakan latar belakang timbulnya konflik atau kejadian tersebut. Berikut tahapannya: Penyelesaian -> antiklimaks -> klimaks -> konflik -> pengenalan

Alur campuran

Alur campuran merupakan penggabungan dari dua jenis alur maju dan mundur. Pada awal cerita pengarang menyampaikan cerita secara runtut. Kemudian sewaktu-waktu pengarang akan menceritakan kembali kisah yang sudah lampau terjadi atau biasa disebut dengan istilah Flashback. Berikut tahapannya: Klimaks -> konflik -> pengenalan -> antiklimaks -> penyelesaian

Struktur novel

Novel memiliki beberapa elemen penting yang membentuknya menjadi sebuah cerita secara utuh. Beberapa struktur yang terdapat dalam novel, antara lain:

  • Abstrak, yaitu ringkasan dari sebuah novel sebagai gambaran awal yang bersifat opsional.
  • Orientasi, yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan suasana, tempat, dan waktu yang terdapat dalam sebuah novel.
  • Komplikasi, yaitu urutan kejadian yang dapat dihubungkan berdasarkan sebab-akibat.
  • Evaluasi, yaitu suatu struktur konflik yang terdapat dalam novel terhadap masalah yang dihadapi oleh tokoh utama.
  • Resolusi, yaitu solusi terhadap suatu masalah yang dihadapi oleh tokoh utama.
  • Koda, yaitu bagian akhir dalam novel yang berisi pesan atau moral yang disampaikan penulis.

Unsur-unsur novel

Terdapat dua unsur yang membangun sebuah novel sehingga menjadi karya sastra yang menarik untuk dikembangkan. Unsur-unsur tersebut antara lain adalah unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik novel. Unsur intrinsik yang terdapat dalam novel berasal dari dalam novel itu sendiri. Beberapa unsur intrinsik novel yaitu tema, alur, latar, tokoh, penokohan, gaya bahasa, dan amanat. Sedangkan unsur ekstrinsik memuat unsur pembentuk novel yang berasal dari luar, antara lain berasal dari latar belakang pengarang, latar belakang masyarakat, dan nilai yang terkandung dalam novel.

Cukup sudah pembahasan kali ini mengenai alur novel yang terdapat dalam novel populer. Untuk lebih memahami alur yang terdapat dalam novel, cobalah untuk menuliskan tahapan alur novel dan perang pun usai. Semoga dengan membaca konten ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian terhadap karya sastra Indonesia. Yuk mempelajari karya sastra lebih mendalam lagi dengan belajar di bimbingan belajar seventh education, tempat belajarnya para pelajar berprestasi. 

Lusiani Monalisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook
Instagram
WhatsApp WhatsApp us