Menu Tutup

Sederhanakan Bentuk Aljabar Berikut Ini ! Yuk Belajar

Menyederhanakan bentuk aljabar dengan mudah

Sederhanakan bentuk aljabar berikut ini! Bersama-sama kita perhatikan ilustrasi berikut. Pernahkah kamu ke dokter ketika sakit? Nah, biasanya ketika kita berobat dokter akan memberikan resep obat. Contoh obat yang dibeli dengan resep dokter yaitu, pada tablet paracetamol tertulis 3 x 1, dan pada botol sirup obat batuk tertulis 3 x 2 sendok teh. Lalu apa arti 3 x 1 dan 3 x 2 itu? Paracetamol 3 x 1 artinya adalah dalam sehari paracetamol harus diminum sebanyak 3 kali, sekali minum 1 tabletnya. Dapat dikatakan pula bahwa 3 yaitu 1 + 1 + 1, sehingga 3 x 1 artinya 1 + 1 + 1. Begitupula obat batuk 3 x 2 sendok teh, artinya dalam waktu sehari harus minum 3 kali dan sekali minum sebanyak 2 sendok teh. Sehingga 3 x 2 artinya 2 + 2 + 2. Untuk pembahasan selanjutnya, bersama-sama kita akan sederhanakan bentuk bentuk aljabar berikut ini.

Bentuk aljabar beserta unsur-unsurnya

Sebelum kita menyederhanakan bentuk-bentuk aljabar, ketahui dahulu bentuk-bentuk aljabar dan unsur-unsurnya. Bentuk aljabar merupakan suatu bentuk dalam matematika yang dalam penyajiannya memuat huruf-huruf yang mewakili bilangan yang belum diketahui. Bentuk aljabar sering sekali dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

  • Variabel, konstanta dan faktor

Pada bentuk aljabar 2x + 3y + 4x – 3y + 9, huruf x dan y tersebut disebut sebagai variabel. Variabel adalah lambang sebagai pengganti dari suatu bilangan yang belum diketahui nilainya. Adapun angka 9 dalam bentuk aljabar disebut sebagai konstanta. Kontanta adalah suku dari bentuk aljabar yang berupa bilangan dan tidak memiliki variabel.

Pada bentuk di atas 2x dapat diuraikan sebagai 2x = 2 X x atau 2x = 1 x 2x. Sehingga faktor-faktor dari 5x adalah 1, 2, x, dan 2x. Yang dimaksud dengan koefisien adalah faktor konstanta dari suku pada bentuk aljabar. Koefisien pada suku 2x adalah 2, pada suku 3y adalah 3, pada suku 4x adalah 4, dan seterusnya.

  • Suku sejenis dan suku tidak sejenis

Suku ialah suatu variabel serta koefisien atau konstanta pada bentuk aljabar yang dipisahkan oleh operasi jumlah atau selisih. Yang dimaksud dengan suku-suku sejenis adalah suku yang mempunyai variabel dan juga pangkat dari masing-masing variabel yang sama. Contoh: 3x dan -5x, 4a2 dan a3. Suku tak sejenis merupakan suku yang mempunyai variabel dan pangkat dari masing-masing variabel tak sama. Contoh: 4x dan -5y.

Operasi hitung bentuk aljabar

  • Penjumlahan dan pengurangan pada bentuk aljabar

Bentuk aljabar, operasi penjumlahan dan pengurangan hanya bisa dilakukan pada suku-suku yang sejenis saja. Sehingga, jumlahkan atau kurangkan koefisien pada suku-suku yang sejenis saja.

  • Perkalian pada bentuk aljabar

Perlu kita ingat kembali bahwa dalam perkalian bilangan bulat berlaku sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan dan pengurangan. Seperti a x (b + c) = (a x b) + (a x c) dan ax (b – c) = (a x b) – (a x c).

  • Perpangkatan pada bentuk aljabar

Operasi perpangkatan ialah bentuk perkalian berulang dengan bilangan yang sama. Hal tersebut juga berlaku pada perpangkatan bentuk aljabar.

  • Pembagian pada bentuk aljabar

Hasil bagi dari dua bentuk aljabar dapat diperoleh dengan menetukan faktor sekutu dari masing-masing bentuk aljabar tersebut, kemudian melakukan pembagian pada pembilang dan penyebutnya.


Sederhanakan bentuk aljabar berikut ini

Perhatikan contoh soal berikut:

Sederhanakanlah bentuk aljabar 4a³ + 5a² – a² + 8a + 6

Penyelesaian:

Bentuk aljabar dari 4a³ + 5a² – a² + 8a + 6 dapat disederhanakan dengan mengumpulkan dan menjumlahkan atau mengurangkan suku-suku yang sejenis.

4a³ + 5a² – a² + 8a + 6 = 4a³ + (5 – 1) a² + 8a + 6

  • 4a³ + 4 a² + 8a + 6

Bentuk yang terakhir terdiri dari empat suku, yaitu 4a³, 4a², 8a dan 6.

Masih bingung dalam menyederhanakan bentuk-bentuk aljabar? Yuk belajar di bimbingan belajar seventh education. Belajar bareng tentor kece tentu akan lebih mudah karena kalian akan diberikan tips dan trik dalam mengerjakan soal bentuk aljabar. Untuk menguji kemampuan kalian dalam memahami materi penyederhanaan bentuk aljabar. Yuk kerjakan latihan soal berikut!

Sederhanakan bentuk aljabar berikut ini !

  1. Sederhanakan bentuk aljabar berikut ini (-y !
  2. Sederhanakan bentuk bentuk aljabar berikut 3b-bx !
  3. Sederhanakan bentuk bentuk aljabar berikut a 9a 14ab 17a !
  4. Sederhanakan bentuk bentuk aljabar berikut a 5x 3x !

Lusiani Monalisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook
Instagram
WhatsApp WhatsApp us