Menu Tutup

Struktur Bunga Dan Fungsinya Dengan Penjelasan Lengkap  

Mengenal bagian-bagian dari bunga serta fungsinya

Struktur bunga dan fungsinya – Selain cantik, bunga juga memiliki peran yang sangat penting bagi tumbuhan loh. Bunga identik dengan kaum wanita, dengan bantuknya yang indah, warnanya yang menarik, dan memiliki aroma yang wangi. Bunga biasanya dipergunakan untuk menghias atau mempercantik ruangan bahkan halaman rumah. Pada tumbuhan bunga berperan sebagai alat perkembangbiakan secara generatif yaitu perkembangbiakan secara kawin. Alat perkembangbiakan yang dimiliki oleh bunga terdiri dari benangsari dan putik. Selain itu bunga juga memiliki beberapa komponen penyusun yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ada berbagai macam jenis bunga yang dimiliki oleh tumbuhan, setiap tumbuhan tentu memiliki bentuk, warna, dan jenis bunga yang berbeda-beda. Berikut akan penulis sebutkan bagian-bagian bunga beserta fungsinya.

Struktur bunga dan fungsinya

Secara umum, bagian-bagian bunga dapat dikatakan lengkap jika meliputi tangkai bunga, kelopak bunga, dasar bunga, mahkota bunga, benang sari, dan putik. Alat perkembangbiakan bunga terdiri dari putik sebagai betina dan benang sari sebagai jantan. Berikut beberapa jenis bunga beserta jenis bunga dan fungsinya:

  • Bagian bagian bunga sepatu

  1. Tangkai bunga merupakan bagian bunga yang berada pada bagian bawah bunga. Fungsi tangkai bunga pada bunga adalah untuk menopang bunga dan menghubungkannya dengan bagian tumbuhan lainnya.
  2. Dasar bunga memiliki fungsi sebagai tempat melekatnya mahkota bunga.
  3. Kelopak bunga merupakan bagian bunga paling luar yang menyelimuti mahkota bunga dan berfungsi untuk melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup.
  4. Mahkota bunga merupakan bagian bunga yang memiliki bentuk paling indah dan cantik dengan berbagai warna. Mahkota bunga berfungsi untuk memikat daya tarik serangga. Karena keberadaan serangga yang hinggap pada bunga akan membantu proses penyerbukan.
  5. Benang sari merupakan bagian bunga yang berperan sebagai alat kelamin jantan. Benang sari terdiri dari tangkai sari, kepala sari, dan serbuk sari.
  6. Putik merupakan bagian bunga yang berperan sebagai alat kelamin betina. Fungsi putik adalah alat reproduksi betina dari bunga dalam proses penyerbukan dan pembuahan. Putik terdiri dari kepala putik, tangkai putik, dan bakal buah. Fungsi kepala putik yaitu sebagai tempat jatuhnya serbuk sari saat proses penyerbukan.
  • Bagian bagian bunga mawar
  1. Mahkota atau corolla yang memiliki bentuk yang indah dan warna-warna yang cerah berfungsi sebagai pemikat hewan (serangga) untuk membantu proses penyerbukan.
  2. Kelopak bunga mawar berfungsi sebagai pelindung mahkota bunga yang menutupi bagian bunga mawar ketika masih dalam keadaan kuncup.
  3. Batang atau tangkai yaitu tempat melekatnya daun, duri, dan bunga. Tangkai dari bunga mawar berfungsi sebagai jalan pengangkut air, mineral, dan zat makanan. Selain itu tangkai mawar juga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan seperti stek ataupun okulasi.
  4. Duri bunga mawar berfungsi sebagai bentuk pertahanan dari pemangsa yang akan memakan bunga.
  5. Daun bunga mawar berfungsi sebagai tempat untuk melakukan fotosintesis atau pengolahan zat-zat makanan yang dibantu oleh cahaya matahari.
  6. Akar bunga mawar berfungsi sebagai penopang atau pondasi suapata batang dapat berdiri dengan kokoh.
  • Bagian bagian bunga matahari

Bunga matahari merupakan suatu karangan bunga majemuk yang terdiri dari dua jenis bunga, yaitu bunga tabung dan bunga pita yang berjumlah sangat banyak namun seperti satu bunga tunggal. Ini biasa disebut dengan bunga mandul atau tidak berkelamin. Berikut bagian-bagian dari bunga matahari:

  1. Kelopak bunga yang berfungsi sebagai pelindung karangan bunga ketika masih kuncup.
  2. Bunga pita berada disekeliling pinggiran dan bersifat mandul.
  3. Bunga tabung berada di bagian pusat atau tengah dan bersifat fertil.

Pengelompokan bunga

Berdasarkan pada kelengkapan alat perkembangbiakannya atau alat kelaminnya, bunga dibedakan menjadi dua jenis, yakni bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.

  1. Bunga sempurna merupakan kelompok yang memiliki dua alat perkembangbiakan dalam satu bunga. Contoh : bunga sepatu dan bunga tulip.
  2. Bunga tidak sempurna merupakan kelompok bunga yang hanya memiliki satu alat perkembangbiakan. Bisa jadi hanya terdiri dari putik saja ataupun benang sari saja.

Contoh : bunga pepaya dan bunga salak.

Sedangkan, berdasarkan pada kelengkapan penyusunannya bunga dibedakan menjadi dua macam yaitu bunga lengkap dan bunga tidak lengkap.

  1. Bunga lengkap merupakan kelompok bunga yang memiliki bagian-bagian bunga secara utuh, dari kelopak, mahkota, putik, dan benagsari.
  2. Bunga tidak lengkap merupakan kelompok bunga yang tidak memiliki salah satu dari bagian-bagian bunga.

Selain indah dipandang mata dan sedap dihirup aromanya, fungsi bunga adalah untuk menarik penyerbuk pada tumbuhan untuk membantu pembuahan sehingga dapat menghasilkan bibit. Mau lebih jelas lagi tentang materi struktur dan fungsi bunga? Yuk belajar aja di bimbel seventh education. Bersama tentor berpengalaman kalian akan dibimbing untuk memahami materi pelajaran sekolah.

Lusiani Monalisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook
Instagram
WhatsApp WhatsApp us