Menu Tutup

Sistem Perekonomian Indonesia yang Diterapkan Saat Ini?

Sistem Perekonomian Indonesia

Apakah kalian tau sistem perekonomian Indonesia yang diterapkan saat ini sistem perekonomian apa? Jika belum, kita akan membahas tentang sistem perekonomian Indonesia saat ini dan contoh sistem perekonomian Indonesia yang pernah berlaku. Namun sebelum itu kita akan membahas tentang pengertian sistem perekonomian.

Pengertian Sistem Perekonomian

Sistem perekonomian yaitu sistem yang digunakan suatu Negara untuk membuat sumber daya yang dimiliki berjalan dengan baik. Dalam kegiatan ekonomi tentu ada pelaku ekonomi didalamnya. Siapa sajakah pelaku ekonomi itu? Bisa dilihat di www.seventh-education.com. Perbedaan antara sistem ekonomi satu dengan sistem ekonomi yang lain yaitu terletak pada faktor produksinya. Dalam beberapa sistem ekonomi, penguasaan faktor produksi berada pada Pemerintah. Namun sistem ekonomi lain individu diizinkan memiliki semua faktor produksi. Sistem ekonomi ada beberapa jenis yaitu sistem ekonomi liberalis, sistem ekonomi sosialis, sistem ekonomi komunis, sistem ekonomi campuran. Lalu Indonesia menggunakan sistem ekonomi mana?

Sistem Perekonomian Indonesia

Sistem ekonomi yang dianut oleh Indonesia saat ini yaitu sistem ekonomi pancasila atau Sistem Ekonomi Demokrasi yang didalamnya terkandung demokrasi ekonomi. Namun sebelum menggunakan sistem ekonomi pancasila atau demokrasi ini, Indonesia sempat menggunakan beberapa macam sistem ekonomi. Tahun 1950-1959 Indonesia menggunakan sistem ekonomi liberal. Tahun 1959-1966 menggunakan sistem ekonomi etatisme. Tahun 1966-1998 menggunakan sistem ekonomi pancasila dan dari tahun 1998 hingga saat ini masih menggunakan sistem ekonomi pancasila atau demokrasi. Setiap sistem ekonomi memiliki ciri-ciri sistem perekonomian Indonesia. Sebelum membahas tentang sistem ekonomi pancasila atau demokrasi, kita akan menjelaskan sekilas tentang sistem ekonomi yang pernah berlaku di Indonesia.

Sistem Ekonomi Liberalis

Sistem ekonomi liberalis yaitu sistem ekonomi yang membebaskan kepada semua orang untuk memperoleh keuntungan yang diinginkan berdasarkan kekuatan pasar (permintaan dan penawaran). Ciri-cirinya yaitu, menerapkan persaingan bebas, peranan pemerintah dibatasi, peranan modal sangat penting. Setiap sistem ekonomi memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan sistem ekonomi liberalis yaitu setiap individu bebas memiliki alat produksinya sendiri. Selain itu adanya persaingan justru membuat kegiatan ekonomi lebih cepat maju. Produksi dibuat berdasarkan kebutuhan masyarakat dan kualitas barangnya lebih terjamin.

Kekurangan sistem ekonomi liberalis yaitu kurangnya pemerataan pendapatan, rentan terhadap krisis ekonomi. Karena setiap individu bebas memiliki sumber daya maka rentang terjadi monopoli dan adanya eksploitasi.

Sistem Ekonomi Etatisme

Sistem ekonomi etatisme atau sosialias yaitu sistem ekonomi yang diatur oleh negara. Jalannya perekonomia diatur sepenuhnya oleh pemerintah pusat. Ciri-cirinya yaitu hak milik individu tidak diakui, semua sumber daya dikuasai oleh negara, semua masyarakat adalah karyawan bagi negara dan kebijakan perekonomian disusun dan dilaksanakan oleh pemerintah.

Kelebihan sistem ekonomi etatisme pemerintah lebih mudah ikut campur dalam pembentukan harga. Selain itu pemerintah bebas menentukan produksi sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi secara merata. Karena di kuasai oleh pemerintah maka pelaksanaan pembangunan lebih cepat.

Kekurangan sistem ekonomi etatisme yaitu potensi dan kreativitas masyarakat tidak berkembang dari semua diatur oleh pemerintah. Selain itu individu tidak memiliki kebebasan dalam berusaha. Karena semua sumber daya dikuasai oleh pemerintah maka tidak akan kebebasan dalam memiliki sumber daya.

Sistem Ekonomi Pancasila atau Demokrasi

Karena karakteristik perekonomian Indonesia dari untuk dan oleh rakyat maka sistem ekonomi yang diterapkan yaitu sistem ekonomi demokrasi atau pancasila. Sistem ekonomi demokrasi ini merupakan perwujudan dari falsafah Pancasila dan UUD 1945. Pemerintah dan rakyat baik dari golongan bawah hingga atas serta pengusaha sama-sama berperan aktif dalam mencapai kemakmuran bangsa. Negara juga berperan dalam perencanaan, pembimbingan, dan pengarahan kegiatan ekonomi. Sehingga tercipta kerja sama antara pemerintah, swasta dan masyarakat.

Kelebihan Sistem Ekonomi Demokrasi

  1. Cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara
  2. Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan digunakan sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat
  3. Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asa kekeluargaan
  4. Setiap warga negara mempunyai kebebasan memilih pekerjaan yang diinginkan dan mempunyai hak untuk pekerjaan dan penghidupan yang layak
  5. Hak milik perorangan diakui dan pemanfaatannya tidak bertentangan dengan kepentingan masyarakat
  6. Potensi, inisiatif dan daya kreasi warga negara dikembangkan dalam batas yang tidak merugikan kepentingan umum
  7. Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara

Kekurangan Sistem Ekonomi Demokrasi

  1. Sistem Free Fight Liberalisme yang mempunyai potensi untuk saling menghancurkan dan menumbuhkan eksploitasi manusia dan kekayaan alam. Sehingga menimbulkan kelemahan struktur ekonomi nasional.
  2. Sistem Etatisme. Negara dan aparatur bersifat dominan dan mendesak serta mematikan potensi dan daya kreasi unit ekonomi di luar sektor negara.
  3. Persaingan yang tidak sehat dan adanya pemusatan kekuatan ekonomi pada satu kelompok yang akan merugikan masyarakat.

Itu tadi artikel sistem ekonomi Indonesia.

Semoga bermanfaat.

Penulis : Shinta Febriyana Widyaswari Saputri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook
Instagram
WhatsApp WhatsApp us