Menu Tutup

Materi Pengertian Tenaga Kerja Angkatan Kerja dan Kesempatan Kerja

Penjelasan Lengkap Tentang Ketenagakerjaan

Di artikel kali ini akan membahas tentang pengertian tenaga kerja angkatan kerja dan kesempatan kerja. Sebelum masuk ke pembahasan, coba tebak pertanyaan berikut. Tersedianya lapangan kerja bagi angkatan kerja yang membutuhkan pekerjaan merupakan pengertian dari apa? Bisakah menjawab?

Kalau belum bisa, kita simak pembahasan materi tenaga kerja berikut ini. Materi IPS lain bisa dilihat di www.seventh-education.com.

Tenaga Kerja

Tenaga kerja yaitu setiap orang yang mampu untuk menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya ataupun masyarakat. Menurut Soemitro Djojohadikusumo, tenaga kerja yaitu semua orang yang bersedia dan sanggup bekerja dan mereka yang terpkasi menganggur karena tidak ada kesempatan kerja. Usia kerja mulai dari 15 tahun hingga 64 tahun. Untuk mengetahui jumlah tenaga kerja yang diserap oleh pasar kerja, menggunakan perhitungan tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK). Berikut rumus menghitungnya :

TPAK = (jumlah angkatan kerja : jumlah tenaga kerja ) x 100%

Jenis-Jenis Tenaga Kerja

Tenaga kerja dibagi menjadi beberapa jenis. Tenaga kerja berdasarkan kualitasnya, berdasarkan pendudukannya dan berdasarkan batas kerja. Berikut penjelasan jenis-jenis tenaga kerja.

Tenaga Kerja Berdasarkan Kualitasnya

Tenaga kerja berdasarkan kualitasnya dibedakan menjadi tiga yaitu tenaga kerja terlatih, tenaga kerja terdidik dan tenaga kerja tidak terlatih dan tidak terdidik.

  • Tenaga Kerja Terlatih yaitu tenaga kerja yang mempunyai pengalaman kerja sehingga memiliki keahlian dalam bidang tertentu. Keterampilan ini didapatkan dari latihan yang dilakukan secara rutin. Contohnya, pembuat roti, tukang las, mekanik. Mereka memiliki keterampilan ini karena mereka sering berlatih.
  • Tenaga Kerja Terdidik yaitu tenaga kerja yang menempuh pendidikan formal atau pun informal. Hal ini bertujuan agar bisa mendapatkan keahlian di bidang tertentu. Contohnya dokter, hakim, ahli ekonomi dan lain-lain. Untuk bisa mendapatkan keahlian ini tentu harus mengikuti pendidikan.
  • Tenaga Kerja Tidak Terlatih dan Tidak Terdidik yaitu tenaga kerja yang hanya memanfaatkan tenaganya saja. Mereka tidak memiliki keterampilan ataupun keahlian. Contohnya, kuli bangunan.

Tenaga Kerja Berdasarkan Pendudukannya

Tenaga kerja berdasarkan pendudukannya dibagi menjadi dua yaitu tenaga kerja dan bukan tenaga kerja.

  • Tenaga Kerja yaitu masyarakat yang sanggup bekerja dan melakukan pekerjaan. Yang termasuk tenaga kerja adalah mereka yang berada di usia produktif yaitu 15-64 tahun.
  • Bukan Tenaga Kerja yaitu masyarakat yang tidak sanggup bekerja dan melakukan pekerjaan.

Tenaga Kerja Berdasarkan Batas Kerja

Tenaga kerja berdasarkan batas kerja dibagi menjadi dua yaitu angkatan kerja dan bukan angkatan kerja.

  • Angkatan Kerja yaitu masyarakat yang berada di usia produktif dari usia 15-64 tahun yang sedang bekerja, mengambil cuti dan yang mencari kerja.
  • Bukan Angkatan Kerja yaitu masyarakat yang sedang menempuh pendidikan, menderita cacat, ibu rumah tangga.

Angkatan Kerja

Angkatan kerja yaitu jumlah penduduk usia produktif dari usia 15-64 tahun yang sedang bekerja atau sedang mencari pekerjaan. Berikut beberapa pengertian angkatan kerja menurut para ahli. Menurut Sumarsono, angkatan kerja penduduk yang mampu dan bersedia melakukan pekerjaan.  Angkatan kerja dibagi menjadi dua yaitu :

Bukan Angkatan Kerja adalah penduduk usia produktif yang belum bekerja atau tidak mau bekerja. Contohnya, pelajar sekolah, mahasiswa.

Angkatan Kerja yaitu penduduk usia produktif yang mempunyai pekerjaan atau sedang mencari pekerjaan.

Jenis-Jenis Angkatan Kerja

Bekerja Penuh

Yaitu mereka yang memanfaatkan jam kerja secara penuh yaitu 8 – 10 jam per hari. Angkatan kerja yang digolongkan bekerja yaitu mereka yang dalam seminggu bekerja untuk mendapatkan penghasilan dan sedikitnya dua hari.

Setengah Menganggur

Yaitu pekerja yang memanfaatkan waktu kurang dari jam yang seharusnya. Selain itu ditinjau dari produktivitas kerja dan pendapatannya. Jenis angkatan kerja setengah menganggur ini dibagi menjadi dua yaitu setengah menganggur terlihat dan setengah menganggur tidak terlihat. Setengah menganggur terlihat yaitu mereka yang waktu kerjanya kurang dari 35 jam dalam seminggu. Setengah menganggur tidak terlihat yaitu mereka yang produktivitas kerja dan pendapatannya rendah.

Kesempatan Kerja

Pengertian kesempatan kerja yaitu kondisi yang menggambarkan ketersediaan pekerjaan yang bisa didapat oleh masyarakat yang mencari pekerjaan. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat. Di Indonesia, jumlah penduduknya sangat banyak sehingga terjadi kelebihan tenaga kerja. Sedangkan lapangan kerjanya tidak begitu banyak. Oleh karena itu terjadi ketidakseimbangan dan menyebabkan pengangguran.

Kesempatan kerja di Indonesia sudah dijamin dalam UUD 1945 pada pasal 27 ayat 2 yang berbunyi “Tiap-Tiap warga Negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak”. Dari peraturan tersebut menyatakan bahwa pemerintah Indonesia menjamin pekerjaan bagi warganya. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan menciptakan lapangan pekerjaan. Semakin banyak lapangan kerja maka akan semakin besar kesempatan kerja bagi warga Negara. Sehingga tidak terjadi ketidakseimbangan kesempatan kerja dan pengangguran.

Penulis : Shinta Febriyana Widyaswari Saputri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook
Instagram
WhatsApp WhatsApp us