Menu Tutup

Pelaku Ekonomi Badan Usaha Koperasi dan Pasar

Koperasi dan Pasar

Pelaku ekonomi badan usaha koperasi dan pasar pun juga bertindak sebagai pelaku ekonomi. Mereka juga memiliki peranan yang penting bagi kegiatan perekonomian suatu negara. Berikut akan dijelaskan peranan pelaku ekonomi koperasi dan pasar.

Koperasi Sebagai Pelaku Ekonomi

Koperasi yaitu badan usaha yang berbadan hukum dan beranggotakan orang seorang yang melandaskan kegiatannya pada prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berasaskan asas kekeluargaan. Berikut penjabaran detail dari masing-masing makna.

  • Koperasi sebagai badan usaha yang artinya Koperasi Indonesia seperti lembaga ekonomi lain yang mengelola berbagai unit usaha.
  • Beranggotakan orang seorang yang artinya koperasi bukan kumpulan modal seperti PT, CV ataupun Firma. Meski koperasi membutuhkan modal, namun pelayanan terhadap anggota harus diutamakan.
  • Ekonomi rakyat yang artinya masyarakat yang kondisi ekonominya lemah diharapkan mengikuti koperasi untuk meningkatkan kesejahteraannya.
  • Asas kekeluargaan yang artinya koperasi dijalankan dengan asas kekeluargaan yang saling mengerti dan membantu antar sesama anggota.

Koperasi menjadi sektor utama dalam tata perekonomian selain perusahaan negara dan perusahaan swasta. Koperasi juga melakukan kegiatan ekonomi dan pelaku ekonomi di Indonesia. Selain itu koperasi memiliki peranan sebagai pelaku ekonomi di Indonesia. Berikut peran pelaku ekonomi koperasi Indonesia :

  • Membangun dan mengembangkan potensi dan ekonomi anggota untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya
  • Berperan dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan masyarakat
  • Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai kekuatan perekonomian nasional karena koperasi sebagai soko guru perekonomian
  • Mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional

Pasar sebagai Pelaku Ekonomi

Selain koperasi, pasar juga memiliki peran dalam kegiatan ekonomi. Pasar yaitu tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan jual beli barang atau jasa. Kegiatan perekonomian di pasar berdasarkan persaingan bebas. Penjual bebas memproduksi, menjual atau mendistribusikan barang atau jasanya. Begitu pula dengan pembeli memiliki kebebasan menentukan barang atau jasa yang akan dibeli.

Saat ini pasar tidak hanya berupa pasar tradisional tetapi pasar modern pun juga sudah ada. Jika dahulu kita hanya mengetahui pasar tradisional, namun berkembangnya zaman sudah mulai berdiri pasar modern. Di pasar modern tentu berbeda dengan pasar tradisional. Pasar modern lebih bersih, bangunannya ditata sedemikian rupa, dan lebih rapi. Hal ini agar menarik minat pelanggan untuk datang ke pasar. Ini merupakan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi. Tidak hanya sebagai tempat jual beli barang atau jasa, pasar juga memiliki peran lain bagi berbagai aspek dalam kegiatan ekonomi.

Peran Kegiatan Ekonomi

Bagi Produsen

Bagi produsen, pasar merupakan tempat untuk menjualkan barang dagangannya atau jasa mereka. Dengan adanya pasar, pembeli mudah mendapatkan barang dagangannya. Selain itu, pasar juga memudahkan produsen mencari bahan baku untuk kegiatan produksinya.

Bagi Konsumen

Bagi konsumen, pasar merupakan tempat untuk memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan. Ketika pasar semakin banyak maka konsumen akan semakin mudah menemukan barang atau jasa.

Bagi Pembangunan

Pasar juga memiliki peran dalam pembangunan yaitu sebagai penunjang pembangunan. Pasar membantu pembangunan seperti pajak atau retribusi yang ditarik dari pemerintah. Pajak atau retribusi ini kemudian digunakan untuk mendanai pembangunan negara. Pembangunan negara yang semakin maju akan meningkatkan perekonomian negara pula.

Bagi Sumber Daya Manusia

Bagi manusia pasar menjadi tempat mencari pekerjaan atau mencari pendapatan. Dengan semakin banyaknya pasar akan menyerap tenaga kerja baru. Sehingga akan mengurangi pengangguran, membuka lapangan kerja baru. Jika lapangan kerja semakin banyak dan pengangguran bisa dikurangi maka perekonomian negara akan semakin berkembang.

Bagi Pemerintah

Pasar juga berperan bagi pemerintah, yaitu sebagai penambah pendapatan negara melalui retribusi atau pajak. Selain itu adanya kegiatan ekspor akan menambah pendapatan negara melalui devisa. Dengan begitu perekonomian negara bisa semakin meningkat.

Itu tadi berbagai peran pelaku ekonomi koperasi dan pasar. Masih ada macam-macam pelaku ekonomi lain yang bisa kalian di artikel pada laman www.seventh-education.com. Seperti contoh peran pelaku ekonomi bumd. Di sana sudah tersedia informasi tentang pengertian pelaku ekonomi masyarakat luar negeri. Jika menginginkan contoh soal pelaku ekonomi badan usaha koperasi dan pasar bisa mencarinya via browsing internet.

Semoga bermanfaat.

Penulis : Shinta Febriyana Widyaswari Saputri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook
Instagram
WhatsApp WhatsApp us