Menu Tutup

Lapisan Bumi yang Paling Tebal Adalah Mantle, Apa Itu?

Apa yang Kalian Ketahui Tentang “Crush”?

Lapisan bumi yang paling tebal adalah salah satu dari tiga lapisan yang dimiliki oleh planet kita, bumi. Bumi adalah satu-satunya planet yang paling spesial di antara planet-planet yang menghiasi galaksi kita, Bima Sakti. Dikatakan spesial bukan karena “pakai telur” atau dengan “topping keju” di atasnya, melainkan karena satu-satunya planet yang memiliki kehidupan di dalamnya. Spesial, bukan? Kehidupan tersebut berasal dari manusia, tumbuh-tumbuhan, binatang-binatang, hingga kehidupan lainnya. Bumi merupakan planet dengan sejuta keindahan di dalamnya. Daratan yang berupa gunung-gunung menjulang tinggi setinggi angan dan asa, dan lautan yang membentang luas seluas kesabaran hati seorang wanita. Lantas ada berapa lapisan bumi yang kalian ketahui? Jawabannya tentu ada di bawah sini.

Kalian Tahu Kue Lapis? Bumi Pun Berlapis-lapis

Pernahkah kalian pergi ke pasar dan menemukan kue tradisional yaitu kue lapis? Kue lapis memiliki beberapa lapisan dengan warna-warna yang berbeda. Berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Pun dengan bumi. Bumi adalah planet yang memiliki beberapa lapisan. Selain kue lapis, pernahkah kalian memakan telur rebus? Jika kalian pernah memakan telur rebus, tentu kalian mengetahui bagaimana struktur di dalamnya. Kulit telur atau cangkang sebagai kerak, putihnya sebagai selimut, dan kuningnya sebagai inti. Ternyata bumi dapat dianalogikan dengan sejumlah makanan yang kita temui sehari-hari. Artinya, bumi memiliki beberapa lapisan yaitu lapisan kerak bumi yang disebut dengan crush, lapisan selimut bumi (mantel), dan lapisan inti bumi (core).

Cangkang Bagian Luar Telur, Sedang “Crush” Bagian Luar Bumi

Seperti yang sudah dikemukakan tadi, bahwa bumi dapat dianalogikan dengan telur rebus. Cangkang pada telur adalah crush pada lapisan bumi. Lantas apa yang dimaksud dengan crush? Lapisan bumi yang paling luar adalah kerak bumi. Kerak bumi inilah yang pada akhirnya menjadi tempat berlangsungnya kehidupan makhluk hidup di bumi. Ketebalan kerak bumi adalah 32 km. Ternyata tebal juga kan? Lapisan yang paling tebal adalah berada di bawah benua, yaitu mencapai 65 km. Luar biasa sekali. Sedangkan lapisan yang paling tipis berada di bawah samudera yang ketebalannya 8 km. Sangat berbeda jauh dengan lapisan yang tebal. Jadi yang disebut dengan crush adalah lapisan luar bumi. Pada kerak bumi, terdapat berbagai macam kehidupan. Bagian kerak bumi yang berupa daratan disebut sebagai litosfer. Pada lapisan ini, litosfer terbentuk dari batuan. Selain itu juga terbuat dari berbagai jenis tanah, pasir, debu, kerikil, abu vulkanik, dan lain-lain.

Putih Telur dan Selimut Bumi, Apa Hubungannya ‘Sih?

Putih telur merupakan bagian telur yang paling tebal dan paling banyak jika dibandingkan dengan cangkang dan kuning telur. Lantas apa hubungannya dengan selimut bumi? Lapisan yang paling tebal pada struktur bumi adalah selimut bumi. Selimut bumi disebut sebagai mantle. Lapisan selimut bumi ini memiliki kandungan magma yang sering kita lihat ketika terjadi erupsi. Lapisan ini mencapai ketebalan 2.900 km dan memiliki kandungan besi, alumunium, magnesium, kalium, silikon, dan oksigen. Selain itu, lapisan selimut bumi memiliki suhu yang panas mencapai 3000 derajat celcius. Jika lapisan paling tebal pada telur adalah putih telur, maka lapisan yang paling tebal pada struktur bumi adalah lapisan mantle.

“Core” Adalah Inti Bumi, Bukan Kuning Telur. Apa Maksudnya?

Bagian favorit dari telur rebus adalah kuning telur. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut, membuat lidah serasa ingin mengunyah lagi dan lagi. Lantas apa hubungannya dengan bagian inti bumi? Inti bumi atau core merupakan bagian terdalam dari struktur lapisan bumi ke bawah. Bagian inti bumi atau core memiliki ketebalan 2.000 km dan kepadatan yang sangat padat. Di samping itu, pada struktur lapisan bumi ini memiliki suhu mencapai 2.000 derajat celcius. Oleh karena itu, lapisan bumi yang paling panas adalah inti bumi. Dan lapisan bumi yang mempunyai suhu paling tinggi yaitu core.

Dengan analogi telur dah kue lapis, akan meningkatkan daya tarik kalian (peserta didik) untuk menginterpretasikan lapisan bumi paling atas disebut dengan kerak bumi, yang dianalogikan sebagai cangkang telur rebus. Sedangkan lapisan selimut bumi dapat kita analogikan sebagai putih telur. Dan yang terakhir adalah inti bumi yang dapat kita ibaratkan sebagai kuning telur. Selamat Membca! Selamat belajar! Goncangkan inti bumi dengan sejumlah prestasi!

 

Gilang Jaka Sanjaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook
Instagram
WhatsApp WhatsApp us