Menu Tutup

Penjelasan Tentang Jenis-Jenis Pranata Sosial

Pranata Sosial

Jenis-jenis pranata sosial dibagi menjadi beberapa kelompok. Namun sebelum membahas tentang jenis-jenis pranata sosial kita akan membahas tentang pengertian pranata sosial, tujuan pranata sosial dan jenis-jenis pranata sosial. Berikut kita simak pembahasannya.

Pengertian Pranata Sosial

  • Pranata sosial menurut Horton yaitu sistem hubungan sosial yang melihat bahwa nilai-nilai dan prosedur tertentu dalam usaha memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.
  • Pranata sosial menurut Soerjono Soekanto yaitu lembaga masyarakat sebagai himpunan norma dari tindakan dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat. Atau kumpulan norma dalam hubungannya memenuhi kebutuhan masyarakat.
  • Pranata sosial menurut Koentjaraningrat yaitu suatu sistem norma yang mengatur tindakan dalam memenuhi kebutuhan khusus manusia dalam kehidupan masyarakat.
  • Pranata sosial menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi yaitu semua norma pada keperluan pokok dalam kehidupan masyarakat. Suatu kelompok ini disebut lembaga masyarakat.

Dari berbagai pernyataan tentang pengertian pranata sosial, dapat ditarik kesimpulan bahwa pranata sosial merupakan sistem tata kelakuan dalam hubungan yang berpusat pada aktivitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam kehidupan masyarakat tentu pranata sosial mempunyai tujuan dan fungsi. Berikut akan dijelaskan tujuan dan fungsi pranata sosial.

Tujuan Pranata Sosial

Menurut Koentjoroningrat, pranata sosial mempunyai tujuan sebagai berikut :

  1. Untuk memenuhi kebutuhan sosial dan kekerabatan (domestic institutions)
  2. Untuk memenuhi kebutuhan manusia seperti mencari pekerjaan, menimbun dan mendistribusikan harta benda (economic institutions)
  3. Untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan pengetahuan (educaional institutions)
  4. Untuk memenuhi kebutuhan ilmiah manusia (scientific institutions)
  5. Untuk memenuhi kebutuhan akan keindahan dan rekreasi
  6. Untuk memenuhi kebutuhan religi (religius institutions)
  7. Untuk membangun hubungan kehidupan berkelompok atau bernegara (political institutions)

Fungsi Pranata Sosial

  1. Memberikan pedoman kepada masyarakat untuk bertingkah laku dan bersikap
  2. Menjaga keutuhan dan integrasi masyarakat
  3. Memberikan pegangan kepada masyarakat untuk membuat sistem pengendalian sosial

Jenis-Jenis Pranata Sosial

Pranata sosial dibagi menjadi 5 jenis yaitu :

Pranata Keluarga

Suatu sistem atau aturan yang mengatur segala aktivitas dalam keluarga. Keluarga terdiri dari kelompok yang mempunyai hubungan darah, tali perkawinan, atau adopsi dan hidup bersama. Adanya pranata keluarga ini mempunyai fungsi yaitu sebagai pemenuhan kebutuhan biologis, kebutuhan emosional, kebutuhan ekonomi dan pengawasan sosial. Pengawasan ini dilakukan dengan dua cara yaitu :

Pengawasan bersifat preventif yaitu pengawasan yang bersifat pencegahan sebelum terjadi pelanggaran terhadap norma.

Pengawasan bersifat kuratif yaitu pengawasan berupa proses pengenalan, penggunaan nilai sosial dan norma dalam keluarga.

Pranata Agama

Agama yaitu seperangkat aturan yang mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan lingkungannya. Pranata Agama yaitu suatu sistem yang memiliki peran penting untuk menuntun dan mengatur jalan hidup manusia.

Pranata agama tentu mempunyai fungi. Fungsi pranata agama adalah sebagai bantuan mencari identitas norma dan membantu memberikan penafsiran untuk membantu menjelaskan keadaan lingkungan fisik dan sosial.

Pranata Ekonomi

Pranata ekonomi yaitu sistem yang mengatur tentang tingkah laku manusia untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam kehidupan masyarakat. Dalam pranata ekonomi ada tiga unsur penting yaitu :

  1. Faktor-faktor produksi yaitu modal, sumber daya manusia, dan pemanfaatan sumber daya alam.
  2. Yaitu kegiatan menggunakan suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam pranata sosial konsumen mempunyai peranan dalam perekonomian.
  3. Yaitu kegiatan menyalurkan barang atau jasa ke konsumen.

Pranata Pendidikan

Pranata pendidikan yaitu suatu sistem atau norma yang mengatur tingkah laku manusia untuk memenuhi kebutuhan tentang pengetahuan dan pendidikan. Pranata pendidikan ini dilaukan oleh pihak sekolah baik sekolah formal maupun sekolah non formal. Pranata pendidikan tentu mempunyai tujuan yaitu :

  • Memberikan ilmu pengetahuan bagi mereka yang belajar
  • Melatih warga agar bisa mandiri dalam mencari penghasilan
  • Melatih bagaiamana bersikap yang baik

Pranata Politik

Pranata politik yaitu suatu aturan untuk memelihara tata tertib, memilih pemimpin dan mendamaikan pertentangan. Pranata politik mengkhususkan diri dalam pelaksanaan dan wewenang yang meliputi eksekutif, yudikatif, legislatif,  partai politik dan militer . Pranata politik mempunyai beberapa fungsi yaitu :

  • Melindungi warga negara dari serangan bangsa lain
  • Menyelesaikan konflik yang terjadi antar masyarakat
  • Membangun norma melalui Undang-Undang
  • Melaksanakan aturan yang ada di Undang-Undang
  • Menyelenggarakan pelayanan bagi masyarakat

Penulis : Shinta Febriyana Widyaswari Saputri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook
Instagram
WhatsApp WhatsApp us