Menu Tutup

Ciri Ciri Perekonomian Indonesia Beserta Penjelasan Lengkap

Perekonomian berperan penting bagi negara

Ciri ciri perekonomian di Indonesia – Perekonomian adalah suatu hal yang sangat penting bagi suatu negara, bahkan rumah tangga yang paling kecil pun seperti rumah tangga keluarga, perekonomian menjadi hal yang sangat penting. Tak heran jika tingkat kriminalitas meningkat ketika perekonomian rumah tangga seseorang sedang tidak stabil, seperti terjadinya pencurian, perampokan, pembobolan ATM, dan sebagainya. Setiap negara tentu memiliki sistem tersendiri bagi perekonomiannya. Yuk telusuri sistem perekonomian di Indonesia serta ciri-cirinya dengan membaca artikel sistem ekonomi Indonesia di bawah ini!

Pengertian dan ciri ciri sistem ekonomi Indonesia

Pengertian secara umum, sistem ekonomi merupakan suatu sistem yang dipakai oleh sebuah negara, baik pemerintahan maupun swasta untuk mengelola semua aktivitas perekonomian di masyarakat. tujuan adanya sistem perekonomian di suatu negara adalah untuk menjawab segala masalah utama ekonomi, mulai dari barang dan jasa yang akan di produksi dan bagaimana cara produksinya serta siapa pengguna dari produk tersebut. Masing-masing negara memiliki ciri khas tersendiri dalam hal perekonomian negara, begitu pula Indonesia yang memiliki ciri-ciri perekonomian yang berbeda dengan negara lain. Saat ini Indonesia menganut sistem ekonomi apa dan jelaskan!

Saat ini sistem ekonomi yang diterapkan di Indonesia adalah sistem norma-norma pancasila atau dapat juga disebut dengan sistem ekonomi demokrasi. Sistem perekonomian pancasila atau sistem ekonomi demokrasi, berarti landasan sistem ekonomi yang diterapkan di Indonesia secara normatif adalah Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945. Sedangkan lembaga perekonomian yang menganut sistem perekonomian Indonesia yaitu Koperasi yang berdasarkan asas kekeluargaan. Beberapa faktor yang mempengaruhi proses pembangunan sistem ekonomi suatu negara, meliputi secara internal dipengaruhi oleh lokasi geografi, sumber daya alam, dan manusia. Sedangkan secara eksternal dipengaruhi oleh kondisi ekonomi dunia, kondisi politik dunia, dan perkembangan teknologi. Berikut akan penulis jelaskan ciri ciri sistem ekonomi Indonesia.

Sistem Ekonomi Demokrasi

Sistem ekonomi demokrasi merupakan suatu sistem perekonomian nasional yang merupakan perwujudan dari falsafah Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 yang berdasarkan pada asas kekeluargaan, dimana perekonomian ini dari, oleh, dan untuk rakyat di bawah pimpinan dan pengawasan pemerintah. Beberapa ciri-ciri dari sistem ekonomi demokrasi, meliputi:

  • Perekonomian dibangun atas hasil usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan.
  • Cabang-cabang produksi yang berperan penting bagi negara dan hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
  • Bumi, air, serta kekayaan alam yang berada di negara ini dijadikan sebagai pokok-pokok kemakmuran rakyat dan diakui oleh negara, yang kemudian dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.
  • Setiap warga negara mempunyai kebebasan untuk memilih pekerjaan yang dikehendaki serta memiliki hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.
  • Hak kepemilikan setiap orang diakui namun pemanfaatannya tidak bertentangan dengan kepentingan masyarakat.
  • Anak-anak terlantar dan juga fakir miskin dipelihara oleh negara.
  • Daya kreasi, potensi, dan inisiatif setiap warga negara dikembangkan sepenuhnya namun masih dalam batas-batas dimana tidak merugikan kepentingan umum.

Kelebihan dan kekurangan sistem perekonomian Indonesia

Sistem ekonomi demokrasi atau sistem ekonomi pancasila termasuk kedalam sistem ekonomi campuran dimana rakyat Indonesia menjadi pelaku utama dalam perekonomian. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan sistem ekonomi Indonesia, antara lain:

  • Kelebihan sistem perekonomian Pancasila

  1. Sistem ekonomi yang dilaksanakan dengan asas kekeluargaan
  2. Segala kekayaan alam dikelola oleh pemerintah untuk kemakmuran rakyat
  3. Setiap warga negara memiliki hak untuk memilih pekerjaan dan penghidupan yang layak
  4. Segala sumber kekayaan dan keuangan negara dipakai atas pemufakatan dan pengawasan lembaga perwakilan rakyat, dimana kebijakannya diawasi oleh rakyat
  5. Segala potensi yang dimiliki oleh setiap warga negara dikembangkan dalam batas-batas tertentu.
  • Kekurangan sistem perekonomian Pancasila

  1. Adanya sistem Free Fight Liberalisme yang mampu menumbuhkan eksploitasi manusia dan kekayaan alam
  2. Adanya sistem etatisme, dimana negara dan aparatur bersifat dominan sehingga dapat mematikan potensi dan daya kreasi unit-unit ekonomi di luar sektor negara.
  3. Adanya suatu persaingan yang tidak sehat, yaitu terjadinya pemusatan ekonomi pada suatu kelompok dalam bentuk monopoli dan monopsoni.

Demikian ulasan singkat dari penulis tentang ciri-ciri sistem perekonomian di Indonesia, dimana penerapan sistem ekonomi di Indonesia menggunakan sistem ekonomi demokrasi atau sistem ekonomi pancasila. Manufaktur non-minyak dan gas merupakan salah satu contoh sistem ekonomi Indonesia. Semoga bermanfaat sebagai referensi belajar dan dapat menambah wawasan bagi yang membaca. Masih sering mengalami kesulitan dalam belajar? Bimbingan belajar seventh education solusi yang tepat bagi kalian yang ingin mengatasi segala macam masalah belajar. Yuk tingkatkan prestasi bersama seventh education.

Lusiani Monalisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook
Instagram
WhatsApp WhatsApp us