Menu Tutup

Bentuk Bentuk Energi di Sekitar Kita

Seputar Energi dan Bentuk Energi

Di artikel ini akan membahas seputar bentuk bentuk energi. Sebelum masuk ke materi, coba sebutkan bentuk-bentuk energi yang anda ketahui! Yap, bentuk energi terdiri dari berbagai macam. Kita akan kupas masing-masing bentuk-bentuk energi dalam fisika.

Pengertian Energi

Pengertian energi yaitu kemampuan orang atau benda untuk melakukan usaha atau gerak. Kemampuan tersebut diukur dengan variable waktu dan besarnya usaha yang dilakukan. Semua benda yang bergerak termasuk melakukan kerja. Energi berasal dari bahasa Yunani yaitu “Energia” berarti aktivitas. Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Namun energi bersifat fleksibel, yaitu bisa berubah dan berpindah. Contoh, ketika kita menggeser kursi kita memerlukan gaya. Gaya ini dihasilkan karena manusia memiliki energi.

Energi dinyatakan dalam Joule (J). satuan energi lainnya yaitu kalori (kal). James Prosecott menunjukkan antara joule dengan kalori. 1 Joule = 0,24 Kalori atau 1 Kalori = 4,18 Joule.

Bentuk-Bentuk Energi

Bentuk energi dikelompokkan menjadi berbagai macam energi. Berikut penjelasan masing-masing energi.

Energi Kinetik

Energi kinetic yaitu energi yang dimiliki oleh benda yang bergerak. Contohnya energi kinetik yaitu air yang mengalir mampu menggerakkan kincir air, baling-baling kipas angin yang bergerak.

Energi Listrik

Energi listrik yaitu energi yang dihasilkan dari sumber listrik dan menimbulkan perpindahan muatan listrik. Contoh, penggunaan setrika, kulkas, televisi.

Energi Panas

Energi yang terjadi akibat dari perubahan bentuk energi. Contohnya penggunaan energi listrik ke energi panas. Seperti setrika, solder listrik, hair dryer yang menghasilkan panas.

Energi Magnet

Energi yang dihasilkan oleh magnet. Contoh, tempelan kulkas yang mengandung magnet menempel kuat di kulkas. Mengambil jarum dengan menggunakan gunting karena di gunting terdapat magnet.

Energi Potensial

Yaitu energi yang dimiliki oleh suatu benda karena kedudukan atau posisinya. Semua benda yang berada di atas permukaan bumi memiliki energi potensial karena gaya gravitasi bumi. Contohnya, buah apel jatuh dari pohonnya.

Energi Nuklir

Energi nuklir terjadi karena reaksi fusi dalam atom dan unsur radioaktif seperti uranium. Energi nuklir bisa dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir.

Energi Kimia

Energi kimia yaitu energi yang tersimpan dalam senyawa kimia maupun yang tersimpan dalam bahan-bahan makanan. Dalam metabolisme sel, ATP merupakan salah satu energi kimia yang sangat penting fungsinya bagi manusia.

Contohnya, nyala lampu senter karena penggunaan batu baterai. Selain itu sumber energi kimia yaitu aki, kayu bakar, minyak dan makanan. Energi muncul karena proses pemecahan ikatan kimia dalam susunannya sehingga mampu menghasilkan energi.

Energi Cahaya

Sumber energi cahaya berasal dari sinar matahari dan cahaya lampu.

Energi Bunyi

Energi bunyi dihasilkan dari tumbukan, tabrakan dan peristiwa lain yang menggunakan penghantar seperti udara atau benda. Atau energi yang dihasilkan dari getaran benda. Satuan bunyi disebut desibell. Contohnya, bunyi bel listrik, bunyi alat listrik, bunyi orang berbicara.

Energi Otot

Yaitu energi yang dihasilkan dari otot-otot tubuh. Contohnya, sapi menarik gerobak menggunakan otot-ototnya.

Energi Gerak

Yaitu energi yang timbul dari benda ataupun zat yang bergerak. Gerakan yang dilakukan menghasilkan energi.

Semua energi diatas merupakan bentuk bentuk energi disekitar kita. Ya, tapi sebagian diantara kita tidak menyadarinya. Semoga penjelasan diatas memberi manfaat dan menambah pengetahuan kalian ya.

Dari penjelasan diatas, kita akan beri beberapa soal untuk kalian jawab sendiri di rumah ya. Tapi jangan melihat ke atas. Coba kalian ingat saja dari materi yang sudah kalian baca dan jawab langsung pertanyaan di bawah ini.

  1. Apa itu energi?
  2. Coba sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk energi yang kalian ingat!
  3. Sebutkan contoh penggunaan energi nuklir!
  4. Apa itu energi listrik? Jelaskan dan sebutkan contohnya!
  5. Apa satuan internasional dari energi?

Meskipun hanya sedikit pertanyaan, tapi semoga membantu kalian mengingat materi yang sudah kalian pelajari. Ingat ya, materi tidak hanya sekedar dihafalkan tapi juga dipahami. Jika kalian mampu memahami materi, maka kalian akan semakin mudah belajar pelajaran.

Jika kalian ingin mencari materi IPA lainnya kalian bisa mengunjungi www.seventh-education.com. Di sana sudah tersedia beberapa materi IPA seperti kalor, pemuaian, ciri makhluk hidup dan lainnya. Tidak hanya materi IPA tetapi juga materi IPS pun bisa kalian dapatkan.

Penulis : Shinta Febriyana Widyaswari Saputri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook
Instagram
WhatsApp WhatsApp us