Menu Tutup

Pembahasan Terlengkap Klasifikasi Materi dan Perubahannya Kelas 7

Klasifikasi Materi dan Perubahannya

 

Berikut akan dijelaskan materi IPA kelas 7 SMP tentang klasifikasi materi dan perubahannya. Materi atau zat adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Materi dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis yaitu berdasarkan wujudnya, berdasarkan komposisinya.

Berdasarkan Wujudnya

Materi berdasarkan wujudnya terbagi menjadi tiga yaitu padat, cair dan gas. Contoh zat padat yaitu meja, kursi, pintu. Contoh zat cair yaitu minyak, air. Contoh zat gas yaitu udara, uap air, asap. Zat padat yaitu zat yang berbentuk padat karena betuk dan volumenya tetap. Zat Cair yaitu zat yang bentuknya berupa cairan. Zat gas yaitu zat yang bentuknya tidak bisa dilihat sepertu udara.

Sifat-Sifat Zat Padat

  • Zat padat mempunyai bentuk dan volume tertentu
  • Jarak partikel sangat rapat
  • Partikel pada zat dapat tidak dapat bergerak bebas

Sifat-Sifat Zat Cair

  • Bentuknya berubah-ubah tergantung media yang digunakan
  • Mempunyai volume tertentu
  • Jarak antar partikel lebih renggan
  • Partikel zat cair dapat bergerak bebas namun terbatas

Sifat-Sifat Gas

  • Tidak memiliki volume dan bentuk tertentu
  • Jarak antar partikel sangat renggan
  • Partikel pada zat gas bisa bergerak bebas

Dan materi berdasarkan komposisi kimianya dibagi menjadi kelompok zat murni dan campuran.

Berdasarkan Komposisi Kimia

Zat Murni

Zat murni yaitu materi yang bersifat tunggal dan homogen (terdiri dari satu jenis materi). Zat murni berupa unsur dan senyawa. Antara zat satu dengan zat lainnya bisa dibedakan dari penampilannya, baunya, rasanya. Saat ini sudah terdapat 13 juta zat dan jumlah terus bertambah. Conoth dari zat murni ini yaitu etanol, garam dapur, perak.

Unsur yaitu zat murni yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana dengan reaksi kimia. Unsur dibagi menjadi dua yaitu unsur alam dan unsur sintetis. Unsur alam contohnya yaitu karbon, oksigen, besi, emas, dan tembaga. Unsur sintetis contohnya yaitu amerisium dan einsteinium. Dan untuk mempelajari unsur ada tabel periodik unsur.

Sedangkan senyawa yaitu gabungan dua unsur atau lebih yang masih bisa diuraikan menjadi zat-zat penyusunnya dengan reaksi kimia. Contohnya yaitu air, gula, garam, bensin dan karbondioksida.

Zat Campuran

Zat campuran yaitu materi yang terdiri dari dua zat atau lebih yang masih mempunyai sifat zat asal. Zat campuran ini dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu campuran homogen dan campuran heterogen.

Campuran homogen yaitu campuran yang tidak dapat dibedakan zat-zat yang tercampur di dalamnya. Contohnya yaitu larutan garam, larutan sirup, larutan gula.

Campuran heterogen yaitu campuran yang penyusunnya mudah dibedakan. Contohnya yaitu batuan granit, beton cor, sayur sup.

Perubahan Materi Pada Suatu Benda

Perubahan materi pada suatu benda dibagi menjadi dua yaitu perubahan kimia dan perubahan fisika. Berikut penjelasannya.

Perubahan Kimia

Perubahan kimia yaitu perubahan materi yang menghasilkan atau membentuk zat baru. Contohnya yaitu singkong menjadi tape, lilin terbakar, telur membusuk, sepeda berkarat.

Perubahan Fisika

Sedangkan perubahan fisika yaitu perubahan materi yang tidak bisa menghasilkan zat baru. Namun mengalami perubahan sementara seperti perubahan wujud, bentuk atau ukuran. Jika suatu zat mengalami sublimasi, mendidih, membeku, kondensasi maka zat tersebut mengalami perubahan fisika. Contohnya yaitu pembuatan menjadi dari kayu. Kayu dipotong kemudian dibentuk menjadi kayu. Perubahan ini hanya mengubah bentuk kayu menjadi meja tanpa menghasilkan zat baru.

Itu tadi rangkuman ipa kelas 7 bab 3 klasifikasi materi dan perubahannya. Untuk mendalami klasifikasi materi dan perubahannya kelas 7 kurikulum 2013, berikut ada beberapa soal-soal. Kalian bisa mengerjakan soal klasifikasi materi dan perubahan kelas 7 kurikulum 2013.

  1. Dalam materi terdapat partikel-partikel dasar yang menyusunnya. Sebutkan dan jelaskan partikel-partikel penyusunnya.
  2. Apa perbedaan antara perubahan fisika dengan perubahan kimia?
  3. Sebutkan zat yang termasuk ke dalam campuran !
  4. Perhatikan perubahan berikut ini

a.Kayu dipahat

b.Beras menjadi tepun

c.Pembuatan tape

d.Pembuatan bubur kertas

Dari perubahan diatas yang manakah yang termasuk tidak termasuk perubahan fisika?

Itu tadi beberapa contoh soal tentang materi. Kalian bisa mengerjakan di rumah. Kalian juga bisa mencari soal ipa bab 3 klasifikasi materi dan perubahannya di sumber lain. Kalian juga bisa mencari informasi tentang materi lain di www.seventh-education.com.

Penulis : Shinta Febriyana Widyaswari Saputri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook
Instagram
WhatsApp WhatsApp us