Menu Tutup

Senyawa Kimia yang Terdapat dalam Kehidupan Sehari-hari dan Kegunaannya

Senyawa Kimia Dalam Kehidupan Manusia

Apa saja ya contoh senyawa kimia yang terdapat di kehidupan sehari-hari dan kegunaannya? Jika di artikel sebelumnya sudah membahas tentang tabel bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari, maka kali ini akan membahas tentang senyawa kimia. Senyawa kimia dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak. Dan tanpa sadar kita menggunakan senyawa kimia tersebut dalam kehidupan kita.

Bimbingan Belajar Kimia

Materi senyawa kimia ini akan diajarkan di lembaga bimbingan belajar seventh education. Di bimbingan belajar akan diajarkan materi lengkapnya. Seperti materi bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari kelas 8 akan dipelajari juga. Pengajar akan menyampaikan materi kimia sampai siswanya paham. Jika ada siswa yang tidak paham dengan materi kimia, bisa langsung ditanyakan ke pengajar. Selain itu siswa juga akan diberikan cara atau tips belajar kimia. Metode belajarnya pun juga menyenangkan dan tentu berbeda dengan sekolah. Metode belajar yang menyenangkan akan memudahkan siswa dalam menangkap materi yang disampaikan oleh pengajar.

Oke kembali lagi ke topik pembahasan seputar senyawa kimia

Senyawa kimia yaitu zat murni yang terdiri dari dua unsur. Senyawa kimia juga dapat diuraikan menjadi unsur-unsur pembentuknya.

Senyawa hanya bisa diuraikan menjadi unsur-unsur pembentuknya melalui reaksi kimia. Berikut merupakan sifat senyawa kimia yang membedakan senyawa satu dengan senyawa lainnya.

Sifat Senyawa Kimia

  1. Komponen penyusun dalam senyawa memiliki perbandingan tertentu yang sifatnya tetap
  2. Senyawa bisa terbentuk melalui proses reaksi kimia
  3. Senyawa juga dikategorikan menjadi senyawa zat tunggal
  4. Senyawa memiliki sifat-sifat tertentu yang berbeda dengan dari unsur-unsur kimia lainnya
  5. Senyawa tidak dapat dipisahkan dengan komponen penyusunnya kembali melalui reaksi fisika

Contoh senyawa kimia dalam kehidupan sehari-hari yaitu natrium klorida (NaCl) atau garam dapur, Asam Klorida (HCl) atau pembersih lantai, Asam asetat (CH3COOH) atau cuka makanan, air (H2O), dan Karbondioksida (CO2). Berikut juga akan dipaparkan kegunaan senyawa kimia dalam kehidupan sehari-hari.

Kalsium Karbonat (CaCO3) digunakan sebagai bahan bangunan

Soda Kue (NaHCO3) digunakan untuk membuat roti

Karbondioksida (CO2) digunakan untuk penyegar minuman

Aspirin (C9H8O4) digunakan untuk mengurangi rasa sakit

Magnesium hidrosida (Mg (OH)2) digunakan sebagai obat penawar rasa asam. Biasanya terdapat di obat maag

Natrium hidroksda (NaOH) digunakan sebagai pengering

Amoniak (NH3) digunakan sebagai pupuk

Selain senyawa kimia kita juga menggunakan contoh unsur kimia dalam kehidupan sehari-hari. Unsur kimia yaitu spesies atom yang memiliki jumlah proton yang sama dalam inti atomnya. Unsur kimia dibagi menjadi dua yaitu unsur logam dan unsur non logam.

Unsur kimia logam yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu :

  • Besi (Fe)
  • Aluminium (Al)
  • Tembaga (Cu)
  • Emas (Au)
  • Perak (Ag)

Unsur kimia non logam dalam kehidupan sehari-hari :

  • Oksigen (O)
  • Nitrogen (N)
  • Karbon (C)
  • Posforus (P)
  • Iodin (I)

Ya, tanpa kita sadari kita menggunakan senyawa kimia dan unsur kimia diatas. Selain senyawa kimia dan unsur kimia, kita juga menggunakan bahan-bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari. Banyak manfaat bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan bahan kimia lebih banyak dalam rumah tangga.

Berikut manfaat bahan kimia

  • Sebagai bahan pembersih. Contohnya yaitu sabun untuk membersihkan badan, shampoo untuk membersikan rambut, pasta gigi untuk membersikan gigi. Pembersih lantai untuk membersihkan lantai. Sabun, shampoo, pasta gigi merupakan contoh dari produk kimia yang digunakan sehari-hari tapi kita tidak menyadari bahwa produk tersebut merupakan produk kimia.
  • Sebagai bahan pemutih. Bahan kimia jenis ini untuk menghilangkan noda yang menempel pada pakaian dan memutihkan pakaian dan dapat membunuh bakteri.
  • Sebagai bahan pewangi. Contohnya pemakaian parfum yang menggunakan bahan kimia sebagai pewangi. Tidak hanya parfum tapi juga, obat anti nyamuk, pembersih lantai pun menggunakan pewangi.
  • Sebagai bahan pembasmi serangga. Bahan kimia ini digunakan pada obat penyusir nyamuk atau pembasmi serangga. Dalam bidang pertanian pun menggunakan bahan kimia sebagai pengusir serangga yang mengganggu tanaman.

Berikut 10 produk kimia dalam rumah tangga yang sering kita gunakan.

  • Sabun – Pasta gigi
  • Shampoo – Pemutih pakaian
  • Deterjen – Pewarna buatan
  • Pembersih lantai – Pewangi
  • Obat pengusir nyamuk – Pembasmi serangga

Penulis : Shinta Febriyana Widyaswari Saputri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook
Instagram
WhatsApp WhatsApp us