Menu Tutup

Belajar Pelajaran Kimia Kelas 12, Sifat Koligatif Larutan

Sifat Koligatif Larutan

Di artikel kali ini akan membahas pelajaran kimia kelas 12 yaitu Sifat Koligatif Larutan. Materi masuk ke dalam materi kimia kelas 12 kurikulum 2013 revisi.

Konsentrasi yang paling sering digunakan dalam sifat koligatif yaitu kemolalan dan fraksi mol. Penurunan titik beku dan kenaikan titik didih merupakan salah satu contoh sifat koligatif larutan. Sifat koligatif larutan adalah sifat fisika yang tergantung pada jumlah partikel, bukan tergantung pada jenis zat terlarut.

1.Kemolalan

Kemolalan atau Molalitas yaitu perbandingan antara jumlah mol zat terlarut dengan massa zat pelarut. Penurunan titik beku berhubungan dengan jumah zat terlarut yaitu kemolalan. Contohnya pada penambahan etilen glikol yang menyebabkan penurunan titik beku larutan dalam radiator mobil.

Rumus Kemolalan atau Molalitas yaitu

Kemolalan (m) = Jumlah Mol Zat Terlarut / Massa Zat Pelarut (Kg)

2.Fraksi Mol

Fraksi mol terbagi menjadi dua yaitu fraksi mol zat terlarut dengan fraksi mol zat pelarut. Fraksi mol pelarut yaitu perbandingan jumlah mol zat pelarut dengan jumlah mol total larutan yang dinyatakan Xp. Fraksi mol yaitu perbandingan jumlah mol zat terlarut dengan jumlah mol total larutan yang dinyatakan denga X1.

Rumus Fraksi Mol Pelarut

Xp = np / (np + n1)

Rumua Fraksi Mol Terlarut

X1 = n1 / (np + n1)

Keterangan :

Xp = fraksi mol zat pelarut

X1 = fraks mol zat terlarut

Np = jumlah mol zat pelarut

N1 = jumlah mol zat pelarut

3.Sifat Koligatif Larutan Nonelektrolit

Salah satu contoh sifat koligatif yang bergantung pada jumlah partikel zat terlarut namun tidak bergantunga pada partikelnya yaitu pada penurunan titik beku. Pada larutan yang berbeda jenisnya tapi memiliki jumlah partikel yang sama, sifat koligatifnya akan sama.

Contoh sifat koligatif larutan nonelektrolit yaitu air murni yang membeku pada suhu 00C, sedangkan larutan glukosa membeku pada suhu yang lebih rendah. Penambahan zat non elektrolit pada radiator menyebabkan menurunnya titik beku air. Sehingga pada suhu 00C air radiator tidak akan membeku.

4.Sifat Koligatif Larutan Elektrolit

Sifat koligatif larutan elektrolit yaitu kenaikan titik didik dan titik beku yang lebih besar daripada larutan nonelektrolit pada konsentrasi yang sama. Zat elektrolit akan mengalami disionisasi (penguraian) menjadi ion-ion baik itu kation maupun anion dalam larutan.

Contohnya yaitu terjadi pada larutan NaCl yang memiliki ion Na+ dan Cl-. Zat elektrolit dalam larutan NaCl ini terdiri dari molekul-molekul zat terlarut. Larutan elektrolit mengalami disionisasi maka memiliki jumlah partikel yang lebih banyak daripada larutan non elektrolitnya. Sehingga sifat koligatif laruta elektrolit berbeda dengan larutan nonelektrolit.

5.Kegunaan Sifat Koligatif

Sifat koligatif mempunyai manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya yaitu untuk mencairkan salju di musim dingin. Untuk mencairkan salju menggunakan garam klorida. Awalnya salju dicampurkan dengan garam (NaCl atau CaCl) dan kemudian akan membentuk larutan. Penambahan garam sebagai zat terlarut akan menurunkan titik beku larutan. Sehingga titik beku larutan yang terdiri dari salju dan garam lebih rendah daripada titik beku saljunya.

Itu sekilas pembahasan tentang Sifat Koligatif Larutan yang akan dipelajari di semester 1. Untuk materi kimia kelas 12 semester 2 akan membahas tentang senyawa turunan Alkana, Bensena dan turunannya dan Makromolekul. Tunggu postingan kita selanjutnya yang akan membahas satu per satu materi kimia SMA.

Jika ingin mencari sumber lain bisa mencari materi kimia kelas xii semester 1 pdf di internet. Atau jika ingin mencari soal dan pembahasan kimia kelas xii semester 1 bab 2, bisa mencarinya juga dengan googling. Banyak soal dan pembahasan yang tersedia disana. Jadi kalian bisa belajar sendiri di rumah.

Ikut Bimbel Bantu Belajar Kimia

Atau jika kalian tidak paham jika harus belajar sendiri maka bisa mengikuti kegiatan bimbingan belajar yang diadakan di seventh education. Di bimbel seventh education akan mengupas tuntas materi kimia SMA terutama kelas 12. Selain itu bimbel seventh education menyediakan try out bagi siswanya. tujuannya yaitu agar para siswa bisa mengukur kemampuan belajarnya selama mengikuti bimbel di seventh education. Untuk biaya bimbelnya, tenang tidak akan membuat kantong bolong. Biaya bimbel terjangkau dan bisa dicicil pula.

Jadi mau pintar kimia? Yuk bergabung di bimbel seventh education.

Penulis : Shinta Febriyana Widyaswari Saputri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook
Instagram
WhatsApp WhatsApp us