Menu Tutup

Contoh Zat Kimia Berbahaya dan Bahan Kimia Berbahaya yang Ada di Sekitar Kita

Zat Kimia dan Bahan Kimia Berbahaya

Sudah tau kah kalian contoh zat kimia berbahaya yang ada di sekitar kita? Ternyata tanpa kita sadari, zat kimia berbahaya itu ada di sekitar kita. Yuk bahan zat-zat kimia apa saja yang ada di sekitar kita. Berikut daftar zat kimia berbahaya dalam kehidupan sehari-hari.

Daftar Zat Kimia Berbahaya

  • Methylene chloride (Dichloromethane)

Zat kimia jenis ini sering digunakan dalam bidang industri dan hampir digunakan untuk produk rumah tangga. Contohnya yaitu cat anti bocor, semir sepatu, pewarna kayu, vernis, lem, minyak pelumas dan penghilang karat. Zat ini berbahaya bagi kesehatan yang bisa menimbulkan kanker. Selain itu juga bisa menyebabkan kerusakan pada janin yang sedang tumbuh. Dan bisa menimbulkan gangguan pada sistem reproduksi dan sistem syaraf.

  • Sulfur dioxide

Sulfur dioxide ini dihasilkan oleh pabrik-pabrik yang menggunakan bahan bakar batu bara yang disemburkan ke udara. Sehingga menyebabkan hujan asam. Hujan asam ini merusak ekosistem laut, menyebabkan gangguan pernapasan seperti asma. Selain itu memperparah penyakit paru-paru atau jantung.

  • N-hexane

N-hexane adalah larutan yang digunakan dalam proses produksi kerajinan seperti lem semprot, semen perekat, cat dan penghilang karat. Zat ini menyebabkan kerusakan syaraf. Selain itu juga bisa menimbulkan sakit kepala, pusing, mual, mengantuk.

  • Ozon

Ozon merupakan komponen utama pada kabut asap. Di lapisan stratosfer ozon dapat melindungi bumi dari sinar ultraviolet. Tapi jika ozon tersebut berada di permukaan tanah, maka ozon diaggap sebagai polutan. Ozon akan menyebabkan radang tenggorokan, nyeri dada, batuk dan sesak napas.

  • Hexavalent chromium

Hexavalent chromium termasuk metal yang digunakan di bidang industri seperti pelapisan chrome, pembuatan cat dan semen, produksi baja. Zat kimia ini bersifat karsinogen yang sangat kuat. Apabila kita menghirup udara atau meminum air yang terkontaminasi zat ini maka bisa menyebabkan kanker.

  • Perchlorat

Perchlorat yaitu zat kimia yang digunakan sebagai bahan bakar roket. Zat ini bisa mengacaukan hormon. Perchlorat mempengaruhi asupan yodium dalam kelenjar tiroid. Karena asupannya terhambat maka bisa mengurangi produksi hormon tiroid. Padahal hormon tiroid sangat penting bagi perkembanga otak.

  • Trichloroethylene (TCE)

Trichloroethylene digunakan sebagai bahan pelarut dan penghilang minyak. Zat ini biasa digunakan dalam produk rumah tangga seperti cat, perekat dan penghilang noda. Zat ini mencemari udara dan air. National Academy of Sciences menyatakan bahwa TCE ini merupakan zat yang bisa menyebabkan kanker pada manusia. Apabila menghitup TCE sedikit saja, maka mata akan pedih dan tenggorokan gatal. Selain itu menyebabkan sakit kepala, pusing dan susah berkonsentrasi. Dalam jangka panjang, zat ini bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal, hati dan syaraf.

  • Formaldehyde

Formaldehyde adalah zat kimia organic yang digunakan dalam pembuatan bahan bangunan, karpet dan furniture. Contohnya, kayu lapis, produk kayu pres, wallpaper, antiseptik, kosmetik, cat kuku. Zat ini bersifat karsinogen.

Selain zat kimia berbahaya ada bahan-bahan kimia yang berbahaya yang tanpa kita sadari digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk bahan kimia berbahaya ada simbolnya. Di artikel kali ini akan membahas juga tentang simbol bahan kimia berbahaya lengkap.

Symbol bahaya kimia merupakan pictogram yang berlatar belakang orange dengan garis batas dan gambar berwarna hitam. Ada beberapa simbol bahan kimia berbahaya beserta artinya.

Beberapa Simbol Bahan Kimia Berbahaya

  • Explosive (Mudah Meledak)

Bahan kimia yang memiliki simbol diatas berarti bahan tersebut mudah meledak. Ledakan tersebut bisa terjadi karena benturan, pemanasan, pukulan maupun gesekan.

  • Oxidizing (Mudah Teroksidasi)

Bahan kimia yang memiliki symbol seperti diatas berarti bersifat mudah menguap. Penyebab terjadinya kebakaran yaitu adanya akibat reaksi bahan tersebut dengan udara panas, percikan api atau reaksi dengan bahan-bahan yang bersifat reduktor (penghantar panas).

  • Flammable (Mudah Terbakar)

Bahan kimia dengan symbol diatas berarti mudah terbakar. Bahan mudah terbakar dibagi menjadi dua yaitu extremely flammable (sangat amat mudah terbakar) dan highly flammable (sangat mudah terbakar).

  • Toxic (Beracun)

Bahan kimia dengan simbol diatas berarti beracun. Keracunan oleh bahan kimia ini bisa melalui mulut dan proses pernapasan dan juga melalui kontak dengan kulit. Contohnya, arsen triklorida dan merkuri klorida.

  • Harmful Irritant (Bahaya Iritasi)

Bahan kimia dengan symbol di atas berarti menyebabkan iritasi. Symbol bahan kimia ada dua yaitu Xn dan Xi. Kode Xn menunjukkan adanya resiko kesehatan apabila masuk melalui pernapasan contohnya peridin. Kode Xi menunjukkan adanya resiko inflamasi jika bahan terkena kulit dan selaput lender secara langsung. Contohnya yaitu ammonia dan benzyl klorida.

Dalam penggunaan bahan kimia harus tahu dulu simbol-simbol bahan kimia berbahaya dan cara penanganannya. Sehingga ada upaya antisipasi.

Materi symbol bahan kimia lengkap bisa dipelajari di bimbel seventh education. Jika ada pertanyaan tentang bahan kimia berbahaya yang siswa tidak paham, bisa ditanyakan langsung ke pengajar. Di bimbel seventh education akan memberikan bimbingan terbaiknya bagi para muridnya.

Penulis : Shinta Febriyana Widyaswari Saputri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook
Instagram
WhatsApp WhatsApp us