Menu Tutup

Membahas Pelajaran Kimia SMP yaitu Partikel Zat dan Perubahan Zat

Partikel Zat danĀ Perubahan Zat

Pelajaran kimia SMP termasuk ke dalam mata pelajaran IPA. Materi kimia smp kurikulum 2013 masih tergabung dalam materi IPA. Jadi di smp belum ada pemisahan pelajaran IPA. Materi yang akan dibahas kali ini yaitu materi kimia kelas 9 kurikulum 2013. Materi kimia yang sering keluar di ujian nasional beragam dan tercampur dengan materi IPA lainnya. Materi kimia yang sering keluar yaitu tentang listrik, partikel zat dan perubahan zat, zat aditif dan psikotropika, dan pencemaran.

Dalam artikel kali ini yang akan di bahas yaitu partikel zat dan perubahan zat.

1.Partikel Zat

Partikel zat ada bermacam-macam yaitu atom, molekul, dan ion.

  • Atom merupakan partikel terkecil penyusun suatu unsur. Contohnya yaitu Karbon (C), Hidrogen (H), Natrium (Na).
  • Molekul yaitu kumpulan beberapa atom yang sejenis ataupun berbeda jenis. Molekul terbagi menjadi dua jenis yaitu unsur dan senyawa.

Unsur yaitu molekul yang terdiri dari atom yang sejenis. Contohnya Oksigen (O2), Hidrogen (H2)

Senyawa yaitu molekul yang terdiri dari atom yang berbeda jenis. Contohnya, air (H2O), garam (NaCl) dan gula (C6H12O6)

  • Ion merupakan atom yang memiliki muatan negative ataupun positif.

Kation yaitu ion yang bermuatan positif. Contohnya H+, Na+,Ca2+

Anion yaitu ion yang bermuatan negate. Contohnya F, Cl, NO3

2.Sifat Kimia Zat

Sifat kimia zat yaitu sifat yang dihasilkan dari perubahan kimia. Perubahan kimia yaitu perubahan yang menghasilkan zat baru. Contohnya, kayu dibakar yang awalnya kayu berubah menjadi arangĀ  Sifat kimia mudah terbakar, mudah busuk, mudah meledak, beracun dan berkarat.

  • Mudah Terbakar

Sifat kimia zat ada yang mudah terbakar. Contohnya pada bensin yang mudah terbakar. Jika terkena api maka kobaran api akan semakin membesar.

  • Mudah Busuk

Karena terjadinya reaksi kimia di dalam makanan atau minuman maka mengakibatkan makanan atau minuman tersebut mudah busuk dan berubah rasa. Misal, susu yang didiamkan lama kelamaan akan berubah rasa menjadi asam.

  • Mudah Meledak

Interaksi beberapa zat dengan oksigen di alam menyebabkan zat tersebut mudah meledak. Contohnya penggunaan magnesium atau uranium yang biasanya digunakan sebagai bahan peledak.

  • Berkarat

Reaksi logam dengan oksigen menyebabkan benda mudah berkarat. Contoh logam yang mudah berkarat yaitu besi dan seng.

  • Beracun

Beberapa zat kimia yang memiliki sifat kimia beracun yaitu insektisida untuk membunuh serangga, fungisida untuk membunuh jamur, rodentisida untuk membunuh hewan pengerat.

Itu tadi sekilas pembahasan tentang materi yang sering keluar di ujian nasional yaitu partikel zat dan perubahan zat. Siswa bisa mempelajari materi ini dengan berbagai cara selain di sekolah. Bisa dengan browsing di internet atau mengikuti bimbinga belajar. Siswa bisa mencari rangkuman kimia smp pdf khusus kelas 9 di internet. Akan banyak informasi yang bisa didapatkan dari browsing di internet. Tidak hanya materi kelas 9 saja tetapi juga materi kimia smp kelas 7 pdf dan materi kimia smp kelas 8 pun ada.

Lembaga Bimbel Kimia

Atau jika siswa ingin lebih paham dengan materi kimia, maka siswa bisa mengikuti bimbingan belajar di lembaga. Lembaga bimbingan belajar yang akan membantu siswa memahami kimia yaitu seventh education. Di seventh education akan memberikan bimbingan terbaiknya bagi para siswanya. Tidak hanya materi kimia yang diajarkan tetapi juga materi biologi smp, materi fisika smp, materi matematika smp ataupun materi yang akan diujikan di ujian nasional.

Belajar di seventh education punya banyak kelebihannya. Jumlah kuota dalam satu kelasnya yang dibatasi yaitu maksimal 20 orang. Kenapa dibatasi? Agar siswa bisa lebih fokus dalam belajarnya, suasana belajar lebih kondusif, tidak terlalu berisik. Selain itu pengajar juga akan lebih mudah mengendalikan siswanya dan lebih bisa fokus memberikan pengajaran.

Biaya yang ditawarkan oleh seventh education juga terjangkau. Untuk biaya bimbel sekitar 2 juta hingga 6 juta per tahunnya. Biaya ini terjangkau jika dibandingkan dengan bimbel lainnya yang bisa sampai puluhan juta. Selain itu ada kemudahan yang ditawarkan oleh bimbel ini yaitu biaya les nya bisa di cicil sesuai dengan ketentuan dari pihak bimbel.

Penulis : Shinta Febriyana Widyaswari Saputri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook
Instagram
WhatsApp WhatsApp us