Menu Tutup

Materi Ruang Lingkup Geografi Beserta Penjelasan Lengkap

Mempelajari ilmu geografi beserta ruang lingkupnya

Materi ruang lingkup geografi tentu kita pelajari sejak duduk di bangku SMA kelas X. Berbicara tentang geografi tentu tak luput dari bumi beserta fenomenanya. Apa itu bumi? Tempat dimana seluruh makhluk hidup tinggal. Yapss, tepat sekali bumi merupakan salah satu planet yang menjadi tempat hunian seluruh makhluk hidup. Banyak sekali fenomena-fenomena alam yang terjadi, sehingga dibutuhkan ilmu geografi untuk mempelajarinya. Cakupan ilmu geografi sangatlah luas, ruang lingkup geografi akan memudahkan kita untuk mempelajarinya. Simak pembahasan lebih mendalam kesimpulan definisi dan ruang lingkup geografi.

Pengertian geografi

Secara etimologi, geografi berasal dari bahasa Yunani dimana geo yang berarti bumi, dan graphien yang berarti pencitraan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa geografi adalah ilmu pengetahuan yang menggambarkan tentang segala sesuatu yang ada di permukaan bumi ini. Definisi menurut para ahli, salah satunya adalah Bintarto (1977) menyebutkan bahwa geografi adalah ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam, dan penduduk, serta mempelajari corak yang khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu.  Secara umum geografi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari atau mengkaji tentang segala fenomena yang ada di permukaan bumi, seperti penduduk, flora, fauna, iklim, batuan, air, dan interaksi dari fenomena-fenomena tersebut.

Ruang lingkup geografi

Tahukah kamu bahwa ruang lingkup geografi itu sangat luas loh? Kok bisa, apa saja yang dipelajari? Ilmu geografi memanglah sangat luas, begitu pula ruang lingkup geografi, yang menyangkut segala fenomena atau gejala pada geosfer. Apa itu geosfer? Geosfer adalah lingkup kajian geografi yang terdiri dari empat komponen utama, yakni atmosfer, litosfer, biosfer, dan hidrosfer. Masing-masing komponen tersebut memiliki batasan kajian, meskipun begitu semua hal tersebut tercakup dalam kajian geosfer. Misalnya litosfer yang mempunyai tiga aspek kajian, yaitu batuan, bentuk lahan, dan tanah. Analisis tentang fenomena atau gejala yang terjadi di geosfer dilakukan dengan melihat interaksi, persebaran, dan interelasi yang tersebar unsur-unsur di dalamnya. Ilmu geografi sangatlah membantu manusia dalam pemanfaatan sumber daya yang tersedia di bumi. Jika diterapkan maka akan meningkatkan kesejahteraan manusia.

Ruang lingkup pengajaran geografi terdiri dari tiga kajian, antara lain:

  • Geografi fisik, mempelajari keadaan lingkungan alam di luar manusia, seperti gejala-gejala alam yang terjadi di geosfer (atmosfer, litosfer, hidrosfer, dan biosfer). Gejala-gejala alam ini berkaitan dengan bentuk, relief, iklim, dan bumi beserta proses-proses fisik yang terjadi di darat, laut, maupun udara yang berpengaruh pada kelangsungan hidup manusia.
  • Geografi sosial, mencakup aspek sosial yang meliputi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan aktivitas manusia di dalam ruang. Mencakup segala aktivitas manusia sebagai makhluk sosial yang berinteraksi dengan makhluk lainnya, aktivitas ekonomi untuk memenuhi segala kebutuhan hidup, serta budaya yang mencerminkan perkembangan kemampuan manusia yang berupa hasil pemikiran dalam bentuk karya cipta. Sehingga dapat dikatakan bahwa geografi manusia mempelajari dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan dan sebaliknya. Contoh geografi manusia adalah kependudukan dan segala aktifitas yang meliputi aspek ekonomi, polotik, sosial, dan budaya. Geografi manusia terbagi menjadi beberapa disiplin ilmu, diantaranya adalah geografi penduduk, ekonomi, politik, pemukiman, dan sosial.
  • Geografi regional, mempelajari topik atau bahasan yang mencakup suatu daerah atau wilayah tertentu. Contoh geografi regional salah satunya adalah kepadatan penduduk di wilayah negara-negara ASIA.

Ada sekilas pertanyaan nih! Jelaskan ruang lingkup geografi ekonomi? Geografi ekonomi adalah salah satu cabang dari geografi manusia yang bidang kajiannya struktur keruangan aktifitas ekonomi manusia penghuni wilayah. Jadi, ruang lingkup geografi ekonomi yang menjadi fokus utama adalah kajiannya, yaitu aspek keruangan struktur ekonomi manusia. Jelaskan ruang lingkup geografi penduduk? Seperti geografi ekonomi, bahwa geografi penduduk juga merupakan cabang dari geografi manusia dan objek kajiannya adalah aspek keruangan penduduk. Dalam geografi penduduk ini, manusia dipelajari sebagai penghuni suatu ruang ataupun wilayah, dianalisis kualitas dan kuantitasnya sesuai dengan wilayah yang dihuni. Segala pertanyaan bisa kalian jawab dengan mudah jika kalian mengikuti tambahan belajar di bimbingan belajar. Yuk ikut bimbel seventh education!

Lusiani Monalisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook
Instagram
WhatsApp WhatsApp us