Menu Tutup

Pelajari Materi Sosiologi SMA Kelas 10 K13 Semester 1

Belajar Sosiologi SMA K13 untuk kelas 10

Penting sekali bagi anak ips untuk mempelajari sosiologi SMA kelas 10 k13. Sosiologi adalah salah satu matapelajaran yang termasuk ke dalam ujian nasional. Dengan mempelajari ilmu sosiologi diharapkan anak akan lebih mengetahui tentang berbagai perkembangan masyarakat, perilaku masyarakat dan gelaja sosial yang terjadi di kehidupan masyarakat. Sosiologi mengkaji semua gejala sosial yang terjadi di desa maupun di kota, baik itu individu maupun kelompok. Ruang lingkup sosiologi mencakup semua interaksi sosial yang berlangsung antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok, dan juga individu dengan kelompok. Buku sosiologi kelas 10 k13 mencakup berbagai materi yang akan diuraikan dalam konten di bawah ini.

Fungsi dan peran sosiologi

Di bab pertama kita akan mempelajari fungsi dan peran sosiologi yang merupakan salah satu materi sosiologi kelas 10 semester 1 kurikulum 2013 revisi. Menurut Pitirim A. Sorokin “Sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala-gejala sosial (gejala ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral, hukum dengan ekonomi) dengan gejala lainnya (non sosial).” Manusia sebagai makhluk individual tentu memiliki kepribadian yang unik. Seperti penampilan fisik, kemampuan, kebutuhan, perasaan dan sikap yang berbeda dengan yang lainnya. Seperti pendapat Aristoteles bahwa manusia pada kodratnya adalah makhluk sosial. Manusia tidak akan mendapat keutamaan dan tidak akan menjadi baik bila tidak mempunyai teman dan terasing dalam masyarakat.

Gejala-gejala sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat antara lain kemiskinan, kejahatan, perang, kewirausahaan, dan persamaan gender. Setiap gejala sosial akan menjadi dampak dan juga penyebab dari gejalal sosial lainnya. Materi ini sangat menarik jika dijadikan sebagai bahan makalah sosiologi kelas 10 semester 1. Dengan membuat suatu makalah diharapkan siswa lebih memahami materi pembelajaran. Berikut adalah peran dan fungsi dari sosiologi.

Fungsi sosiologi

  1. Pembangunan, disini sosiologi berfungsi untuk memberikan data sosial yang diperlukan untuk tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembangunan.
  2. Penelitian, dengan adanya penelitian, akan diperoleh suatu rencana penyelesaian masalah sosial yang baik.

Peran sosiologi

  1. Sosiologi sebagai ahli riset
  2. Sosiologi sebagai konsultan kebijakan
  3. Sosiologi sebagai praktisi
  4. Sosiologi sebagai guru atau pendidik.

Individu dan kelompok sosial

Seperti yang kita ketahui bahwa individu adalah sebutan manusia yang berdiri sendiri ataupun perseorangan yang melakukan suatu tindakan. Dengan kata lain individu merupakan subjek yang bertindak, subjek yang melakukan suatu hal, subjek yang memiliki pikiran, keinginan, dan kebebasan. Tentu seorang individu tidak akan bisa hidup sendiri tanpa ada orang lain, karena pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial. Naluri manusia yang ingin selalu berhubungan dengan makhluk sosial lainnya karena dilandasi oleh beberapa alasan, diantaranya adalah keinginan untuk menjadi satu dengan manusia lainnya, keinginan untuk menjadi satui dengan alam disekelilingnya, dan keinginan untuk selalu hidup dengan yang lainnya.

Menurut pendapat Paul B. Horton dan Chester L. Hunt, kelompok sosial merupakan kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi. Terciptanya kelompok sosial disebabkan oleh kebutuhan manusia untuk saling berhubungan, namun tidak semua hubungan dapat dikatakan sebagai kelompok sosial. Terbentuknya kelompok sosial dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kepentingan yang sama, darah dan keturunan yang sama, geografis, dan daerah asal yang sama .

Hubungan sosial

Hubungan sosial didalamnya terdapat sebuah interaksi sosial diantara masyarakat. Interaksi antar manusia terjadi karena manusia saling membutuhkan satu sama lainnya. Faktor-faktor yang mendorong adanya interaksi sosial yang dilandasi oleh faktor psikologis, antara lain imitasi, sugesti, identifikasi, simpati dan empati. Menurut pendapat Soerjono Soekamto, interaksi tidak akan terjadi tanpa adanya kontak sosial dan komunikasi. Kontak sosial dapat bersifat positif ataupun negatif, dan kontak sosial dapat bersifat primer ataupun sekunder. Komunikasi memiliki lima unsur pokok diantaranya adalah komunikator, komunikan, pesan, media, dan efek.

Untuk lebih memperdalam materi tentang individu, kelompok dan hubungan sosial, bisa mengerjakan latihan soal di lks sosiologi kelas 10 semester 1 kurikulum 2013. Belajar sosiologi memang sangat luas cakupannya, untuk itu jika kalian ingin mempelajari ilmu sosiologi lebih jauh lagi tentang materi sosiologi kelas 10 semester 2 kurikulum 2013 revisi, bisa diunduh melalui laman-laman google, misalnya materi sosiologi kelas 10 kurikulum 2013 pdf.

Belajar mandiri bikin pusing, apalagi mau menghadapi ulangan harian tapi belum sepenuhnya mamahami materi pembelajaran. Gampang! Belajar di bimbel aja, bimbel murah dan berkualitas bisa kalian dapatkan hanya di lembaga bimbel seventh education!

Lusiani Monalisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook
Instagram
WhatsApp WhatsApp us