Menu Tutup

Bagaimana Cara Belajar Fisika yang Mudah Itu?

Beberapa Cara Belajar Fisika

Ada beberapa cara belajar fisika yang menyenangkan dan akan sangat membantu kalian terutama yang kesulitan belajar fisika. Fisika merupakan pelajaran yang tidak disukai oleh sebagian siswa setelah matematika. Benar bukan? Untuk mengatasi kendala tersebut maka ada cara mudah belajar fisika dan matematika. Tapi sebelumnya mari kita bahas seputar fisika.

Kenapa fisika menjadi pelajaran yang tidak disukai? Ada beberapa alasan yang melatarbelakanginya.

Pertama, dalam pelajaran fisika terlalu banyak rumus yang harus dipelajari dan dihafalkan. Untuk satu topic materi saja banyak rumusnya. Seperti contoh ketika mempelajari gaya, ada beberapa rumus yang harus dipelajari. Rumus ini dari tiga hokum yang berlaku. Ada Hukum I neton, Hukum II newton, Hukum III Newton.  Setiap hukum mempunyai rumusnya masing-masing.

Hukum I Newton

∑F = 0

∑F : Resultan gaya (Kg m/s2)

Hukum II Newton

∑F = m.a

∑F : Resultan gaya

m : Massa benda (Kg)

a : percepatan (m/s2)

Hukum III Newton

∑F(aksi) = – ∑F (reaksi)

Dari contoh ketiga materi diatas saja rumus yang dipelajari sudah ada 3, belum dengan materi yang lain. Rumus yang akan dipelajari pun akan semakin banyak.

Kedua, terkadang siswa bingung harus memakai rumus yang mana. Misalkan ketika belajar gaya maka siswa harus memahami terlebih dahulu soalnya, kemudian baru menentukan itu termasuk hokum newton yang keberapa. Barulah bisa menentukan rumus yang mana. Itu pun tidak semua siswa mampu menentukan rumus yang dipakai. Terkadang soal membuat siswa terkecoh, harusnya menggunakan rumus ini tapi menurut siswa menggunakan rumus yang ini.

Ketiga, siswa harus berpikir dua kali. Jadi sebelum menjawab soal, siswa harus berpikir dulu itu termasuk materi yang mana, baru bisa menentukan rumus yang dipakai. Hal inilah yang membuat siswa merasa malas.

Keempat, selain rumus yang banyak tetapi juga materi yang harus dipelajari juga banyak dan terkadang berhubungan antara materi satu dengan materi yang lain. Seperti contoh soal, yang mencari energy dan usaha dalam satu soal. Siswa harus ingat rumus energy dan usaha sekaligus. Tidak hanya rumus tetapi juga dalam pelajaran fisika ada hafalannya juga. Sehingga siswa harus menghafal materi sekaligus menghafal rumus.

Untuk mengatasi beberapa kendala dalam belajar fisika, ada beberapa cara belajar fisika dengan mudah. Selain itu ada cara menjawab soal fisika dengan cepat, cara menghafal rumus fisika smp dengan cepat dan lain-lain.

Cara menjawab soal fisika dengan cepat

  1. Baca dan pahami soalnya
  2. Tulis seperti dibawah ini

Diketahui :

Ditanya :

Jawab :

Kenapa perlu ditulis seperti itu, agar lebih memudahkan siswa dalam menentukan rumus yang harus dipakai. Setelah mengetahui yang ada disoal, kemudian yang ditanya apa baru lah siswa bisa menentukan rumus yang dipakai. Ketika UN maka tulisan ini ditulis di kertas corat-coret. Ini bisa menjadi cara cepat belajar fisika untuk UN.

  1. Barulah menentukan rumus yang akan dipakai

Cara Menghafal Rumus fisika

Berikut ada beberapa cara menghafal rumus fisika dengan cepat dan mudah

  1. Setiap kali mencatat rumus gunakan pensil atau bolpoint warna. Bisa juga dengan menggunakan stabile untuk menandai rumusnya
  2. Jika ada rumus yang menggunakan 3 komponen maka hafalkan satu rumus saja yang menurut kalian mudah, lalu buat segitiga dan masukkan ketiga komponen tersebut ke dalamnya sesuai dengan posisi. Missal

E = m.c

Buat segitiga lalu buat garis tengah ke samping dan garis tengah hanya dibagian bawah. Lalu masukkan E ke bagian paling atas, m pada posisi kiri dan c pada posisi kanan. Ketika ada soal seperti itu namun pertanyaannya lain missal yang ditanya m maka kalian bisa langsung menentukan rumusnya. Jadi jika yang dicari m = E/c.

  1. Pakailah singkatan atau nama-nama unik yang memudahkan kalian dalam belajar. Singkatan atau nama unik ini bisa kalian buat sendiri.
  2. Kalian juga bisa mencari tutorial belajar fisika di youtube atau situs online lain yang menyediakan tutorial.

Melalui Lembaga Bimbingan Belajar

Selain dengan beberapa cara diatas, ada cara lain yang bisa membantu siswa menghadapi masalah belajar fisika yaitu dengan mengikuti bimbel. Bimbel disini yaitu bimbel di luar sekolah yang biasanya diadakan oleh lembaga atau privat. Lembaga bimbel yang akan membantu siswa mengatasi masalah belajar fisika yaitu Seventh Education.

Di Seventh Education akan diajarkan beberapa cara atau trik belajar fisika. Cara atau trik ini akan disampaikan oleh pengajar. Sehingga siswa akan lebih mudah dalam belajar fisika.

Penulis : Shinta Febriyana Widyaswari Saputri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook
Instagram
WhatsApp WhatsApp us