Menu Tutup

Kisah Nyata Dahsyatnya Sugesti Positif Rumus Matematika Mudah

Ternyata Rumus Matematika Bisa Menjadi Mudah Asal……

Rumus matematika itu mudah dan mengasyikkan. Pasti sebagian diantara kalian tidak setuju dengan pernyataan ini. Karena sebagian besar masalah belajar yang dihadapi oleh siswa ada di pelajaran matematika. Kenapa penulis bisa katakan rumus matematika itu mudah dan menyenangkan? Ada beberapa hal yang melatar belakanginya.

Banyak anak atau siswa yang kurang menyukai matematika karena rumusnya banyak dan materinya susah. Ketika tidak menyukai sesuatu maka materi akan susah masuk ke otak. Sehingga akan sulit bagi anak untuk memahami materi yang disampaikan. Rumus matematika memang banyak dan sulit, namun kita bisa mengubahnya menjadi sesuatu yang menyenangkan. Lalu bagaimana caranya?

Rumus matematika mudah dan mengasyikkan jika kita mampu mengubah pola pikir kita terhadap matematika. Matematika menjadi pelajaran yang menyeramkan seperti hantu yang ditakuti. Di pelajaran matematika banyak rumus yang dipelajari dari yang mudah hingga tak terhingga sulitnya. Sehingga membuat kalian tidak menyukai matematika. Penulis pun mengakuinya. Namun jika kita mau mengubah pola pikir kita dan mengubah stigma bahwa matematika itu menyeramkan, maka akan ada jalan keluarnya.

Sekilas Cerita

Penulis akan bercerita sedikit tentang matematika. Dahulu penulis tidak begitu suka dengan matematika, apalagi ketika di SMP. Materi matematika yang harus dipelajari banyak dan rumusnya susah. Sehingga membuat penulis menjadikan matematika sesuatu yang menakutkan.

Namun ketika kelas 3 SMP, yangmana untuk matematika menjadi mapel UN yang diujikan, membuat penulis harus berusaha lebih giat lagi agar bisa lulus. Penulis benar-benar takut dan membayangkan bagaimana nilai UN nantinya terutama matematika.

Sugesti Positif untuk Diri

Lalu semenjak saat itu penulis berkata ke diri sendiri bahwa “aku harus bisa matematika, aku harus bisa lulus matematika, aku harus bisa dapat nilai bagus”. Semenjak mengatakan itu ke diri sendiri, penulis semakin semangat belajar matematika. Meski rumus yang harus dikuasai banyak tapi penulis tetap semangat agar bisa menguasainya. Dulu yang menganggap matematika susah setelah menanamkan pikiran positif maka menjadi mudah.

Penulis membuat catatan kecil yang berisikan rumus-rumus matematika. Selain itu, penulis selalu mencatat rumus dengan pensil berwarna dan membuat tanda untuk mempermudah belajar. Dan pastinya harus rajin mengerjakan latihan soal. Dengan mengerjakan latihan soal, kita mengetahui berbagai jenis tipe soal matematika. Cara ini bisa kalian coba terapkan lho.

Dan pada akhirnya ketika hari H UN, penulis pun bisa mengerjakan soal-soal matematika. Dan bersyukurnya bisa mendapat nilai yang diluar dugaan penulis yang membuat penulis tersenyum tiada henti ketika mengetahui nilai UN Matematika. Itulah mengapa sugesti yang kita tanamkan dalam diri akan mempengaruhi perilaku yang akan kita lakukan. Jika kita menanamkan sugesti bahwa aku bisa maka diri kita akan bisa. Ada efek positif yang akan muncul dari sugesti positif kita. Namun jika sugesti kita sudah negative maka efek yang akan muncul pun juga tidak akan baik.

Lembaga Bimbingan Belajar

Karena semangat belajar matematika, penulis pun juga mengikuti kegiatan bimbingan belajar. Tujuannya agar penulis bisa menanyakan hal atau materi matematika yang penulis tidak ketahui. Dulu belum ada lembaga seperti Seventh Education, hanya lembaga kecil dan belum seperti lembaga bimbel saat ini. Bimbel saat ini sudah mempunyai metode belajar yang unik yang mempermudah siswa dalam belajar. Ada tips dan trik atau cara cepat dalam mengerjakan soal.

Bimbel Seventh Education tentu akan mengajarkan materi dan rumus matematika sd, rumus matematika smp dan rumus matematika sma. Rumus matematika yang diberikan sesuai denga jenjang pendidikannya. Jika anak kelas 5 maka rumus yang diajarkan yaitu rumus matematika kelas 5. Jika kelas 4 maka rumus matematika yang diajarkan yaitu rumus matematika sd kelas 4.

Manfaat Mengikuti Bimbel yang Penulis Rasakan

Banyak manfaat jika kita mengikuti bimbingan belajar. Manfaat yang penulis rasakan sendiri yaitu penulis jadi lebih paham dengan materi. Bisa paham karena pengajar akan mengajar sampai kita paham. Ketika di tempat les atau bimbel penulis menanyakan materi-materi yang tidak penulis ketahui, kemudian ditanyakan ke pengajarnya. Materi dan rumus matematika SMP kelas 7 hingga rumus matematika SMP kelas 9 dikupas tuntas. Selain itu, penulis juga jadi mempunyai teman dari luar sekolah.

Jadi Sugesti Positif itu Perlu

Jadi sebisa mungkin kita harus menghilangkan stigma menyeramkan tentang matematika. Katakan bahwa “aku bisa  matematika”, “matematika itu sesuatu yang menyenangkan”, “matematika itu mudah untukku”. Berikan sugesti positif pada diri agar termotivasi. Sehingga efek yang akan ditimbulkan akan positif juga. Tapi jangan lupa dong ya untuk tetap belajar. Jika hanya berpikir positif tanpa diikuti belajar maka hasilnya tidak akan memuaskan.

Penulis : Shinta Febriyana Widyaswari Saputri

1 Comment

  1. Pingback:Tips Belajar Rumus Matematika, Dahsyat ! – NewsTime

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook
Instagram
WhatsApp WhatsApp us