Menu Tutup

Materi les anak SD untuk Les Privat dan Kelompok Punya Keunikan Tersendiri

Materi Les Anak SD untuk Masing-Masing Jenis Les

Materi les anak SD sangatlah beragam. Mata pelajaran di SD banyak seperti Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Agama, Pendidikan Kewarganegaraan dan lain-lain. Materi les SD pun berbeda setiap jenjangnya. Materi les anak SD kelas 1 tentu akan berbeda dengan materi kelas 3 SD. Program les ada dua yaitu les privat dan les kelompok. Kali ini kita akan membahas les privat dan kelompok ya.

Bimbel Seventh Education, Keren !

 

Dalam memilih Lembaga Bimbingan Belajar haruslah selektif. Karena ini bisa mempengaruhi masa depan siswa. Oleh karena itu orang tua harus mampu memilih bimbel dengan reputasi bagus. Seventh Education terbukti sebagai Lembaga Bimbel yang mempunyai reputasi bagus.

Di Seventh Education menyediakan les privat dan les kelompok. Apa sih beda dan keunikan les privat dan les kelompok di Seventh Education? Yuk simak dibawah ini.

Pasti sudah banyak yang tau dong les privat itu apa. Ada yang tau kelebihan les privat dan kelompok itu apa? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Mari Kita Bahas Les Privat !

Les privat merupakan bimbingan belajar yang siswanya hanya satu orang. Jadi hanya ada siswa dan pengajar. Biasanya les privat bisa dilakukan di Lembaga bimbingan belajar atau datang langsung ke rumah siswa. Jika les privat dilakukan di Lembaga bimbel maka siswa datang ke lembaga tersebut. Namun jika memilih untuk les privat di rumah maka, siswa bisa memanggil pengajar untuk datang ke rumah.

Kelebihan Les Privat

Les privat SD tidak kalah bagus dengan kelompok, siswa akan mendapatkan semua materi. Justru dengan mengikuti les privat SD siswa secara bebas mengatur mata pelajaran dengan pengajar. Misalnya jika siswa mengikuti les maka materi yang akan diajarkan semua mata pelajaran dan sesuai kebutuhan siswanya. Jadi dalam satu pertemuan, misal siswa ingin belajar matematika maka pada hari itu akan belajar matematika.

Selain itu siswa juga bisa mengatur jadwal dengan pengajar. Jika hari ini merupakan jadwal belajar, namun tiba-tiba siswa sakit maka siswa bisa mengatur ulang jadwal dengan pengajar dihari berikutnya. Tapi harus diingat ya harus ada pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengajar.

Lalu mata pelajaran apa saja yag diajarkan di les privat SD. Mata pelajaran yang diberikan yaitu semua mata pelajaran tergantung jenjang pendidikannya. Materi kelas I SD tentu akan berbeda dengan materi kelas VI SD.

Materi les privat untuk anak SD kelas 1 meliputi membaca, menulis dan berhitung. Kelas 1 SD merupakan tahap awal, jadi materi yang diajarkan tidak terlalu berat. Pengajar akan mengajari siswa hingga siswanya paham.

Materi les privat untuk anak SD kelas 2 yaitu matematika, bahasa Indonesia, agama, IPS, IPA, Pendidikan Kewarganegaraan. Misal untuk materi les privat matematika SD yang akan diajarkan yaitu penghitungan bilangan cacah, pengukuran waktu, berat dan panjang, penjumlahan dan pengurangan. (zenius.net)

Materi les privat untuk kelas 3 yaitu sama, semua mata pelajaran. Misalnya materi les privat bahasa inggris untuk anak SD kelas 3 yaitu alphabet, nama-nama buah dan sayuran, nama-nama binatang, bagian tubuh dan lain-lain.

Begitupun dengan kelas 4, 5, dan 6. Hanya saja aka nada perbedaan di kelas 4, karena kelas 6 akan melewati UN (Ujian Nasional). Tentunya materi yang dipelajari akan lebih mendalam.

Materi les anak SD kelas 6, siswa akan mengulang mata pelajaran dari kelas 4, 5, dan tentunya 6. Pastinya juga akan membahas materi untuk Ujian Nasional. Intensitas pertemuan untuk kelas 6 juga berbeda. Tentunya akan lebih sering apalagi mendekati hari Ujian. Les bisa diadakan setiap hari. Siswa bisa mengikuti try out melalui lembaga bimbingan belajar.

Yuk Bahas Les Kelompok

Selain dengan les privat, siswa juga bisa mengikuti les secara kelompok. Dalam satu kelas bimbingan belajar akan ada lebih dari satu orang. Siswa yang suka bersosialisasi ataupun yang ingin bersosialisasi dengan orang baru maka bimbingan belajar kelompok lah solusinya. Jadi satu pengajar mengampu beberapa siswa bimbingan.

Kelebihan Les Kelompok

Kelebihan dari les kelompok yaitu siswa mendapat teman baru, belajar untuk berinteraksi dengan orang lain. Dengan adanya interaksi akan membuat antar siswa menjadi akrab. Keakraban ini bisa membawa keuntungan seperti siswa dapat saling bertukar informasi tentang apapun. Semisal bertukar informasi tentang sekolah masing-masing, jika siswa kelas 6 SD akan bertukar informasi tentang SMP mana yang akan dipilih.

Les kelompok biasanya sudah diatur jadwalnya dari lembaga bimbingan belajar. Jadi ketika siswa tidak bisa hadir dalam pertemuan maka proses belajar akan tetap berlangsung. Tapi jangan khawatir. Siswa bisa memperoleh informasi tentang pelajaran yang diajarkan dari teman yang datang atau bisa dengan pengajarnya langsung.

Materi yang diajarkan untuk les kelompok pun sama dengan materi yang diajarkan di sekolah ataupun les privat. Namun bedanya jika di privat siswa boleh memilih materi atau pelajaran yang akan diajarkan pada saat itu, maka berbeda dengan kelompok. Jika les kelompok materi atau pelajarannya sesuai pengajarnya atau jadwalnya. Misal hari ini jadwalnya Matematika maka belajarnya ya matematika. Begitu punĀ  dengan pelajaran lain. Ini berlaku untuk semua jenjang di Sekolah Dasar mulai dari SD kelas 1 hingga kelas 6.

Namun intensitas pertemuan untuk kelas 6 SD akan berbeda. Proses belajar akan lebih sering diadakan. Mengingat materi yang akan diujikan untuk kelas 6 SD sangat banyak. Kelas akan lebih intensif mendekati waktu ujian. Hal ini bertujuan agar siswa bimbel bisa memperoleh nilai UN yang memuaskan. Siswa juga bisa mengikuti try out yang diadakan oleh Lembaga bimbel. Tujuan adanya try out ini untuk mengukur kemampuan siswa. Menjadi tolak ukur siswa untuk mempertahankan atau meningkatkan belajarnya.

Itu tadi keunikan yang dimiliki masing-masing jenis les, baik les privat ataupun les kelompok.

Pilihan untuk mengikuti les privat atau les kelompok ada ditangan kalian. Mana yang membuat kalian nyaman, maka itulah yang menjadi pilihan.

Shinta Febriyana Widyaswari Saputri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook
Instagram
WhatsApp WhatsApp us